Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Babak I Kroasia Vs Belgia 0-0: VAR Buat Modric Batal Tendang Penalti

Kompas.com - 01/12/2022, 22:50 WIB
Ahmad Zilky,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kroasia bermain imbang melawan Belgia pada babak pertama dalam matchday ketiga penyisihan Grup F Piala Dunia 2022

Perrtandingan Kroasia vs Belgia dalam jadwal Piala Dunia 2022 digulirkan di Stadion Ahmad bin Ali pada Kamis (1/12/2022) malam WIB.

Kroasia nyaris mendapatkan penalti. Namun, wasit yang mengawal jalannya pertandingan, Anthony Taylor, tiba-tiba mengubah keputusannya setelah melihat tayangan VAR. Padahal, Luka Modric sudah bersiap di titik putih.

Saat itu, Anthony Taylor menyatakan bahwa Dejan Lovren sudah lebih dulu terperangkap offside, sehingga Kroasia batal mendapatkan penalti.

Baca juga: Susunan Pemain Kroasia Vs Belgia di Piala Dunia 2022, Modric Starter

Jalannya pertandingan Kroasia vs Belgia

Kroasia langsung menebar ancaman melalui tembakan Ivan Perisic dari dekat kotak penalti Belgia pada menit ke-1. Namun tak membuahkan hasil.

Belgia nyaris menerima kerugian setelah wasit Anthony Taylor membuat keputusan jika Kroasia mendapatkan hadiah penalti.

Saat itu, Anthony Taylor menilai bahwa Yannick Carrasco sudah melanggar Andrej Kramaric di kotak terlarang pada menit ke-15.

Lalu, Luka Modric sudah bersiap untuk menjadi eksekutor titik putih. Namun, secara tiba-tiba Anthony Taylor bergerak melihat VAR.

Baca juga: Link Live Streaming Kroasia Vs Belgia di Piala Dunia 2022, Kickoff 22.00 WIB

Seusai melihat tayangan VAR, Anthony Taylor memutuskan untuk tidak memberikan penalti. Sebab, Dejan Lovren dianggap sudah dalam posisi offside.

Laga pun berlanjut. Marko Livaja menerima kiriman umpan lambung dari sisi kiri. Ia pun langsung meluncurkan bola menggunakan kepala ke gawang Belgia.

Sayang bagi Kroasia, upaya Marko Livaja lewat sundulan pada menit ke-33 belum mampu untuk memecah kebuntuan.

Tidak ada gol yang tercipta. Situasi itu membuat pertandingan Kroasia vs Belgia pada babak pertama berakhir tanpa skor alias imbang 0-0.

Baca juga: Skuad Kroasia di Piala Dunia 2022: Daftar Pemain dan Nomor Punggung

KROASIA vs BELGIA 0-0

Susunan pemain Kroasia vs Belgia

Kroasia: 1-Dominik Livakovic; 19-Borna Sosa, 20-Josko Gvardiol, 6-Dejan Lovren, 22-Josip Juranovic; 8-Mateo Kovacic, 11-Marcelo Brozovic, 10-Luka Modric; 4-Ivan Perisic, 14-Marko Livaja, 9-Andrej Kramaric.

Pelatih: Zlatko Dalic.

Belgia: 1-Thibaut Courtois, 5-Jan Vertonghen, 2-Toby Alderweireld, 19-Leander Dendoncker; 21-Timothy Castagne, 6-Axel Witsel, 7-Keevin de Bruyne, 15-Thomas Meunier; 11-Yannick Carrasco, 17-Leandro Trossard; 14-Dries Mertens.

Pelatih: Roberto Martinez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com