Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kosta Rika Vs Jerman: Lengking Peluit Kesetaraan Stephanie Frappart

Kompas.com - 01/12/2022, 18:45 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim wasit wanita akan memimpin pertandingan Kosta Rika vs Jerman pada laga Grup E Piala Dunia 2022

Laga Kosta Rika vs Jerman di Piala Dunia 2022 bakal digelar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Jumat (2/12/2022) pukul 02.00 WIB. 

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah mengumumkan bahwa laga Kosta Rika vs Jerman akan dipimpin oleh wasit wanita asal Perancis, Stephanie Frappart. 

Hal ini membuat Stephanie Frappart menjadi wasit pertama dalam sejarah yang memimpin pertandingan Piala Dunia pria. 

Baca juga: Kemarahan Messi dan Sihir Gol 27 Operan Argentina di Piala Dunia 2022

Pada laga Kosta Rika vs Jerman, Stephanie Frappart akan didampingi asisten wasit Neuza Back dan Karen Diaz.  

Stephanie Frappart sebelumnya juga mencatat sejarah sebagai wasit wanita pertama yang memimpin laga Ligue 1 atau kompetisi kasta tertinggi Liga Perancis dan Liga Champions. 

"Piala Dunia pria adalah kompetisi olahraga terpenting di dunia. Saya adalah wasit pertama di Perancis dan di Eropa, jadi saya tahu bagaimana menghadapinya," kata Stephanie Frappart, dilansir dari laman resmi FIFA. 

Sebelumnya, Ketua Komite Wasit FIFA Pierluigi Collina menegaskan bahwa kehadiran wasit-wasit wanita ini sekaligus melengkingkan pesan kesetaraan di Piala Dunia 2022. 

Baca juga: Kosta Rika Vs Jerman, Momen Der Panzer Tebus Kesalahan Sendiri

Ia memastikan bahwa keenam ofisial pertandingan wanita tersebut tidak akan mendapatkan diskriminasi atau batasan-batasan. 

"Itu (kehadiran wasit wanita) adalah sesuatu yang baru, yang menarik perhatian dan minat. Bagi kami, mereka adalah wasit, ofisial pertandingan," ucap Collina, dilansir dari The Peninsula Qatar

"Inilah pesan yang saya berikan kepada mereka, 'Anda di sini bukan karena wanita, tetapi ofisial pertandingan FIFA'," katanya melanjutkan. 

"Semua ofisial pertandingan bisa ditunjuk untuk semua laga. Kalau ada larangan, itu pembatasan terkait peran mereka (sebagai wasit) di sini," ucap Collina. 

Selain Stephanie Frappart, Neuza Back, dan Karen Diaz, ada tiga ofisial pertandingan wanita lainnya yaitu Salima Mukansanga, Yoshimi Yamashita, dan Kathryn Nesbitt. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com