Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KLB PSSI Masih Lama, Pelatih Minta Liga Digulirkan Selama Masa Tunggu

Kompas.com - 03/11/2022, 20:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pelatih klub Liga 1 2022-2023 menyarankan supaya kompetisi segera digulirkan kembali sembari menunggu Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.

PSSI mengumumkan akan menggelar KLB pada bulan Maret 2023. Langkah tersebut diambil sesuai rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan yang lantas diperkuat dengan tuntutan sejumlah klub.

KLB diadakan untuk merekonstruksi komposisi kepengurusan PSSI. Tujuannya untuk melakukan transformasi demi PSSI yang lebih baik dan profesional pasca-Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 silam.

Adapun tragedi Kanjuruhan menjadi bencana sepak bola paling mematikan dalam sejarah sepak bola Indonesia karena sampai merenggut 135 nyawa.

Baca juga: LPSK Rekomendasikan 13 Saksi kepada Penyidik Terkait Tragedi Kanjuruhan

Rencana KLB PSSI pun disambut baik oleh pelatih Persikabo 1973, Djadjang Nurdjaman. Akan tetapi ia kurang sreg dengan jadwal pelaksanaan KLB yang dinilainya masih terlalu lama.

Pelatih Persikabo 1973, Djadjang Nurdjaman. Terkini, Djajang Nurdjaman sedang mendampingi timnya pada laga perdana Liga 1 2022-2023 kontra Persebaya Surabaya di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (25/7/2022).KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Persikabo 1973, Djadjang Nurdjaman. Terkini, Djajang Nurdjaman sedang mendampingi timnya pada laga perdana Liga 1 2022-2023 kontra Persebaya Surabaya di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (25/7/2022).

Sebab, pelatih yang akrab disapa Djanur itu menilai bukan keputusan yang bijaksana membiarkan klub, pelatih, dan pemain menunggu sampai KLB tiba.

"Soal KLB kalau memang itu tuntutan banyak pihak dan sesuai statuta FIFA, ya no problem, asal dalam waktu menunggu KLB, alangkah baiknya kompetisi Liga 1, 2, 3 dapat digulirkan," ucap pelatih pelatih asal Majalengka tersebut kepada Kompas.com.

Baca juga: Permintaan 5 Pasal Tambahan kepada Kepolisian untuk Disangkakan dalam Tragedi Kanjuruhan

Bagi Djadjang Nurdjaman, rencana awal PSSI menggulirkan kompetisi pada akhir bulan November sudah sangat ideal.

Karena, ada jeda waktu yang bisa digunakan untuk mempersiapkan diri kembali.

"Ya lebih cepat lebih baik, misalnya akhir November ini. Biar kasih waktu ke PT LIB mempersiapkan segalanya kaitan dengan penyelenggaraan kompetisi," katanya menerangkan.

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso tampak tegang saat pertandingan pekan 4 Liga 1 2022-2023 melawan Madura United yang berakhir dengan skor 2-2 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (14/8/2022) sore. Terkini, Aji Santoso akan kembali mendampingi anak-ana asuhnya bertanding melawan Arema FC pada laga lanjutan Liga 1 2022-2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam WIB.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso tampak tegang saat pertandingan pekan 4 Liga 1 2022-2023 melawan Madura United yang berakhir dengan skor 2-2 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (14/8/2022) sore. Terkini, Aji Santoso akan kembali mendampingi anak-ana asuhnya bertanding melawan Arema FC pada laga lanjutan Liga 1 2022-2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam WIB.

Ide senada juga diusulkan oleh pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Baginya tidak masalah KLB dilaksanakan kapan pun.

Namun, yang terpenting adalah bagaimana kompetisi bisa segera diputar kembali.

Aji Santoso merasa bahwa dengan memutar kembali kompetisi dalam waktu dekat, justru akan  ideal untuk menyongsong KLB bulan Maret nanti.

"Ya sambil menunggu KLB kompetisi ini harusnya tetap berjalan. Nanti saat kompetisinya selesai, KLB bisa berjalan," tutur pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Baca juga: BERITA FOTO - Sebulan Tragedi Berlalu, Stadion Kanjuruhan Riwayatmu Kini…

"Apalagi, pengurus PSSI sudah menyatakan bahwa KLB pasti digelar, cuma pasti tanggalnya belum ditentukan," katanya lagi.

Berdasarkan surat terbaru PSSI kepada FIFA pada Senin (31/10/2022), KLB direncanakan digelar pada 18 Maret 2023 mendatang.

Soal waktu ideal memutar kompetisi kembali, Aji Santoso satu suara dengan Djadjang Nurdjaman. Jadwal kompetisi sebisa mungkin tidak mendadak, supaya ada jeda waktu untuk tim mempersiapkan diri terlebih dahulu.

"Ya kalau menurut saya, kalau dalam pertengahan November cukup mepet, karena banyak klub yang melakukan libur, kasihan," ucap Aji Santoso, pelatih berusia 52 tahun.

"Ya menurut saya kompetisi diputar akhir November sudah ideal karena ada waktu sekitar 25 hari, cukup ideal," katanya mengakhiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com