Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden FIFA Beri Jaminan di Depan Jokowi

Kompas.com - 18/10/2022, 16:00 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemimpin tertinggi induk sepak bola dunia FIFA, Gianni Infantino, memberi jaminan di hadapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Jaminan yang diberikan Gianni Infantino berkaitan dengan agenda transformasi sepak bola Indonesia usai tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober lalu.

Gianni Infantino menjamin, FIFA akan hadir bersama pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk menuntaskan agenda transformasi tersebut.

Hal itu ia sampaikan setelah bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022) siang WIB.

Baca juga: Jokowi Umumkan Hasil Pertemuan dengan Presiden FIFA

Presiden FIFA Gianni Infantino dilaporkan tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 11.55 WIB.

Setelah mendapat sambutan dan berfoto di depan awak media, Gianni Infantino masuk ke Ruang Jepara Istana Merdeka untuk melakukan pertemuan tertutup dengan Presiden Jokowi.

"Kehadiran saya di Indonesia hari ini adalah untuk menghormati semua orang (di Indonesia), tetapi di samping itu saya juga hadir untuk menandai langkah baru sepak bola Indonesia," kata Gianni Infantino dalam konferensi pers seusai pertemuan dengan Jokowi.

"Ini yang bisa saya jamin kepada presiden, kepada seluruh rakyat Indonesia, bahwa FIFA ada di sini bersama Anda, FIFA di sini untuk menetap, FIFA di sini untuk bekerja dengan pemerintah, AFC, dan Federasi Sepak Bola Indonesia untuk mereformasi sepak bola," ujar Gianni Infantino.

Baca juga: Rencana TGIPF Menyerahkan Temuan kepada FIFA

Gianni Infantino sebagai presiden FIFA menyebut sepak bola sebagai olahraga yang seharusnya membawa rasa senang dan kebagiaan.

Oleh karena itu, tragedi Kanjuruhan yang memilukan membuat dirinya bergerak secara langsung untuk ikut terlibat dalam agenda transformasi sepak bola Indonesia.

Presiden Joko Widodo menerima cendera mata berupa bola  Al Rihla yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar  dari Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).YouTube.com/Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo menerima cendera mata berupa bola Al Rihla yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar dari Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

"Sepak bola harusnya membawa rasa senangan dan kebahagiaan. Jadi, prioritas pertama kami ketika datang ke sini, ketika kami bekerja dari kantor FIFA di Indonesia, kami memang harus mereformasi, mentransformasi sepak bola di negara ini," ucap Gianni Infantino.

Gianni Infantino juga menyadari bahwa Indonesia merupakan negara sepak bola yang memiliki potensi besar.

Baca juga: Dua Agenda Delegasi FIFA Saat Sambangi Indonesia

Hal tersebut membuat Gianni Infantino merasa berutang kepada para pencinta sepak bola di Indonesia.

Dia ingin membayar utang itu dengan membantu transformasi sepak bola Indonesia, terutama dalam hal keamanan dan keselamatan ketika para fans menyaksikan pertandingan di stadion.

"Ini (Indonesia) adalah negara sepak bola. Ini adalah negara di mana sepak bola menghadirkan gairah bagi lebih dari 150.000 orang," kata Gianni Infantino.

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com