Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Barcelona Terancam Denda karena Protes Wasit Usai El Clasico

Kompas.com - 17/10/2022, 19:00 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Bukan hal yang mengejutkan jika El Clasico selalu dibumbui hal-hal berbau kontroversi.

Terbaru, Presiden Barcelona Joan Laporta juga terlibat dalam kontroversi tersebut, yang membuatnya bakal mendapat denda.

Ini terjadi setelah Barcelona kalah 1-3 dari Real Madrid di Santiago Bernabeu dalam pekan kesembilan LaLiga Spanyol, Minggu (16/10/2022). 

Baca juga: Barcelona Kalah di El Clasico, Laporta Kejar Wasit sampai ke Ruang Ganti

Sang presiden dikabarkan mengejar wasit untuk menanyakan keputusan pengadil lapangan hijau tersebut. Laporta menilai keputusan wasit Sanchez Mrtinez merugikan Barcelona.

"Begitu pertandingan berakhir dan tim wasit kembali ke ruang ganti, presiden Barca Laporta datang berulang kali meminta penjelasan tentang keputusan tertentu yang dibuat dalam pertandingan," bunyi laporan tim wasit, dikutip dari ESPN, Senin (17/10/2022).

"Laporta diminta untuk meninggalkan ruang ganti tanpa insiden lebih lanjut terjadi," sambung pernyataan tersebut.

Masih dari ESPN, Laporta kesal karena wasit memberi penalti untuk Los Blancos pada menit-menit terakhir setelah meninjau Video Assistat Referee (VAR).

Sebaliknya, sang pengadil tidak mempertimbangkan penalti untuk Barcelona ketika Robert Lewandowski dilanggar Dani Carvajal.

Baca juga: Kekecewaan Lewandowski Usai Barcelona Ditaklukkan Real Madrid dalam El Clasico

Mundo Deportivo mengatakan bahwa Laporta akan didenda atas insiden tersebut. Dia bakal menerima hukuman terendah senilai 602 euro (sekitar Rp 9,075 juta), yang mungkin sangat ringan bagi sang presiden.

Namun, nilai uang denda itu mungkin naik menjadi 3.006 euro (sekitar Rp 45,227 juta), tergantung bagaimana komisi disiplin melihat insiden tersebut.

Laporta juga bisa dihukum tak boleh datang ke stadion untuk 4 hingga 10 pertandingan.

Hal yang mirip pernah terjadi pada awal musim ini yang melibatkan presiden Sevilla, Jose Castro. Dia pun melakukan hal tersebut di El Sadar dalam pertandingan pertama timnya. 

Akibat perbuatannya, Jose Castro menerima hukuman minimum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com