Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Rekrut Alexander Isak, Newcastle Pecahkan Rekor Transfer Klub

Kompas.com - 26/08/2022, 21:51 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Klub peserta Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris, Newcastle United, resmi merekrut penyerang 22 tahun berkebangsaan Swedia, Alexander Isak.

Newcastle United mendatangkan Alexander Isak dari Real Sociedad dengan biaya transfer yang dilaporkan menjadi rekor baru dalam sejarah klub berjulukan The Magpies tersebut.

Berita transfer Alexander Isak ke Newcastle United diumumkan langsung melalui unggahan di laman resmi klub pada Jumat (26/8/2022) malam WIB.

Newcastle United menjelaskan bahwa Alexander Isak merupakan pemain keempat yang mereka rekrut pada jendela transfer musim panas 2022.

Baca juga: CEO Newcastle United Pernah di Tottenham Hotspur

Sebelum ini, Newcastle United lebih dulu mendatangkan Matt Targett, Nick Pope, dan Sven Botman.

Dalam pengumumannya, Newcastle United tidak mengungkapkan biaya transfer yang telah dikeluarkan untuk memboyong Alexander Isak ke St James Park.

"Newcastle United dengan senang hati mengumumkan perekrutan Alexander Isak dengan biaya yang tidak diungkapkan," tulis pihak klub.

Kendati demikian, sejumlah media Inggris, termasuk Sky Sports menyebut bahwa proses kedatangan Alexander Isak ke Newcastle United telah dipermulus oleh mahar sebesar 63 juta poundsterling (Rp 1,1 triliun).

Bahkan, di laman transfermarkt terulis biaya transfer Alexander Isak ke Newcastle United mencapai 70 juta euro (Rp 1,2 triliun).

Baca juga: Profil Alexander Isak, Penerus Ibrahimovic di Timnas Swedia

Nominal tersebut sekaligus memecahkan rekor transfer Newcastle United.

Sebelumnya, perekrutan termahal yang pernah dilakukan Newcastle United terjadi ketika mereka mendatangkan Joelinton dengan mahar 44 juta euro (Rp 772 miliar) pada awal musim 2019-2020.

Pakar sepak bola Spanyol, Euan McTear, mengaku terkejut ketika melihat nominal di balik transfer Alexander Isak.

"Kesepakatan ini benar-benar mengejutkan, bukan hanya karena Alexander Isak pindah (dari Real Sociedad), tetapi juga karena harganya yang menyentuh 60 juta poundsterling," kata Euan McTear, dikutip dari Sky Sports.

"Saya pikir, sedikit terlalu banyak uang untuknya, tapi dia pemain yang bisa mencetak gol. Dia punya rekor apik seperti pada musim 2019-2020, ketika dia mencetak 12 gol dalam 12 laga, termasuk melawan Barcelona dan Real Madrid," ujar Euan McTear.

Baca juga: Hasil Newcastle Vs Man City, Drama 6 Gol dan Kartu Merah Dianulir Berakhir Imbang

Apa kata Alexander Isak?

Alexander Isak mengaku senang setelah merampungkan proses transfer ke Newcastle United yang ia yakini memiliki proyek bagus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com