Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangat Mendiang Alfin Lestaluhu Iringi Langkah Timnas U16 Indonesia Bungkam Vietnam

Kompas.com - 07/08/2022, 05:30 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semangat mendiang Alfin Lestaluhu turut mengiringi perjuangan timnas U16 Indonesia ketika menghadapi Vietnam pada laga pamungkas Grup A Piala AFF 202, Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

Pertandingan yang dihelat di Stadion Maguwoharjo itu berakhir dengan skor tipis 2-1 untuk kemenangan timnas U16 Indonesia asuhan Bima Sakti.

Sebelum pertandingan, starting eleven timnas U16 Indonesia turut membawa jersey nomor punggung dua dengan nama Alfin Lestaluhu ketika melakukan foto tim.

Jersey Alfin Lestaluhu itu kemudian juga dibawa oleh Bima Sakti pada saat konferensi pers pasca-pertandingan.

Baca juga: Hasil Piala AFF U16 Indonesia Vs Vietnam: Menang 2-1, Garuda Asia ke Semifinal

Lantas, apa alasan Bima Sakti dan skuad timnas U16 Indonesia membawa sekaligus menunjukkan jersey Alfin Lestaluhu pada laga kontra Vietnam?

Menurut Bima Sakti, jersey Alfin Lestaluhu adalah simbol dari seorang pemain yang punya semangat juang tinggi ketika membela negara.

Bima Sakti sangat berharap pemain timnas U16 Indonesia sekarang bisa meniru semangat juang mendiang Alfin Lestaluhu tersebut.

"Jersey Alfin Lestaluhu ini sudah lama kami produksi. Alfin adalah kakak kelas dari timnas U16 Indonesia sekarang. Alfin adalah angkatan Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh," kata Bima Sakti.

"Jersey Alfin ini menjadi simbol pemain yang begitu memiliki semangat juang tinggi dan selalu bekerja keras entah itu ketika latihan atau bertanding," ucap Bima Sakti menambahkan.

"Semangat Alfin itulah yang harus dicontoh dan dijadikan motivasi oleh pemain timnas U16 Indonesia sekarang," ujar mantan pemain Persema Malang itu menambahkan.

Baca juga: Timnas U16 Indonesia Juara Grup A, Kans Garuda Asia Jumpa Malaysia di Semifinal Piala AFF U16 2022

Alfin Lestaluhu adalah mantan anak asuh Bima Sakti di timnas U16 Indonesia.

Berposisi sebagai bek kanan, Alfin Lestaluhu merupakan salah satu aktor penting di balik keberhasilan timnas U16 Indonesia menempati peringkat ketiga Piala AFF U16 2019.

Alfin Lestaluhu juga pernah membela timnas U16 Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Asia U16 2020.

Tepat pada 31 Oktober 2019, sepak bola Indonesia berduka karena kehilangan talenta muda berbakat dalam diri Alfin Lestaluhu yang ketika itu masih berusia 15 tahun.

Alfin Lestaluhu meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, karena encephalitis (infeksi otak) dengan hypoalbumin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com