Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih Thailand soal Aksi "Mata-mata" di Piala AFF U19: Semoga Shin Tae-yong...

Kompas.com - 04/07/2022, 15:20 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas U19 Thailand, Salvador Valero Garcia, berbicara soal aktivitas "mata-mata" atau saling pantau permainan lawan dalam ajang Piala AFF U19 2022.

Aktivitas saling pantau permainan lawan dalam pergelaran Piala AFF U19 2022 itu mulai terlihat ketika timnas Thailand bersua Filipina pada laga pertama Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022) sore WIB.

Laga Thailand vs Filipina itu dipantau oleh pelatih timnas U19 Indonesia, Shin Tae-yong. Dia duduk di tribune Stadion Patriot Candrabhaga bersama asisten dan penerjemah.

Dalam kesempatan tersebut, Shin Tae-yong dapat menyaksikan hingga menganalisis permainan Thailand dan Filipina yang bersaing sengit meraih kemenangan.

Baca juga: Hasil Piala AFF U19 2022: Diwarnai Kartu Merah, Thailand Menang 1-0 atas Filipina

Laga sengit itu kemudian berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan timnas U19 Thailand.

Seusai pertandingan, Salvador Valero Garcia selaku pelatih timnas U19 Thailand mendapat pertanyaan terkait kehadiran Shin Tae-yong di tribune penonton.

Salvador Valero Garcia mengaku tidak merasa terganggu dengan hal tersebut. Sebab, menurutnya, setiap pelatih punya hak untuk memantau permainan atau kekuatan lawan.

"Saya pikir tidak perlu mengkhawatirkan masalah itu. Pelatih lain memiliki hak untuk memantu lawan mereka. Saya menghormati mereka," kata Salvador Valero Garcia, dikutip dari The Thao 247.

Baca juga: Jadwal Padat Piala AFF U19: STY Punya Harapan Khusus, Pelatih Thailand Atur Rencana

Kendati demikian, Salvador Valero Garcia berharap Shin Tae-yong tidak dapat memanfaatkan apa pun dari hasil pantauan laga Thailand vs Filipina.

"Semoga Shin Tae-yong tidak mengeksploitasi apa pun dari pertandingan ini (Thailand vs Filipina)," ujar Salvador Valero Garcia.

Dalam pertandingan kontra Filipina, Thailand tampak belum mengeluarkan kekuatan terbaik. Mereka cenderung tampil bertahan setelah mencetak gol.

Salvador Valero Garcia pun mengakui hal tersebut ketika berbicara dalam sesi konferensi pers seusai laga.

Baca juga: Pelatih Timnas U19 Thailand soal Lalu Lintas Jakarta: Saya Tidak Lihat Kemacetan...

Dia mengatakan bahwa Thailand belum menunjukkan potensi terbaik, tetapi puas karena tetap mampu memetik kemenangan atas Filipina.

"Thailand U19 belum menunjukkan potensi sepenuhnya. Namun, kemenangan atas Filipina membuat saya puas," ucap Salvador Valero Garcia.

Adapun timnas U19 Thailand kini berada di peringkat kedua klasemen Grup A Piala AFF U19 2022.

Mereka hanya tertinggal selisih gol dari Myanmar yang memimpin klasemen setelah menang 7-0 atas Brunei Darussalam.

Baca juga: Klasemen Piala AFF U19 2022: Laos Pimpin Grup B, Malaysia...

Thailand berpeluang merebut puncak klasemen ketika bersua Myanmar pada matchday kedua Grup A, Senin (4/7/2022).

Setelah melawan Myanmar, barulah timnas U19 Thailand besutan Salvador Valero Garcia dijadwalkan bersua anak-anak asuh Shin Tae-yong.

Laga timnas U19 Indonesia vs Thailand dalam matchday ketiga Grup A Piala AFF U19 2022 itu bakal digelar di Stadion Patriot Candrabhaga pada Rabu (6/7/2022) malam WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com