Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Harry Kane Pecahkan Rekor Rooney sebagai Top Skor Sepanjang Masa

Kompas.com - 05/06/2022, 08:20 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Striker tim nasional Inggris, Harry Kane, bertekad memecahkan rekor top skor sepanjang masa The Three Lions.

Harry Kane ingin melakukannya sebelum putaran final Piala Dunia 2022 pada akhir tahun ini.

Saat ini, Harry Kane menempati peringkat kedua daftar top skor sepanjang masa timnas Inggris. Dia berada di bawah Wayne Rooney, yang menorehkan total 53 gol.

Rooney, yang kini sudah gantung sepatu dan pernah mencapai kesuksesan bersama Manchester United, mencapai jumlah gol tersebut dalam 120 penampilan berbalut kostum The Three Lions, julukan timnas Inggris.

Baca juga: Timnas Inggris Dipermalukan Hongaria, Southgate Salahkan Cuaca

Sementara itu Harry Kane, menciptakan 49 gol hanya dalam 69 caps. Artinya, striker Tottenham Hotspur ini hanya membutuhkan lima gol lagi untuk menggeser posisi Rooney.

Kane memiliki peluang besar mewujudkan target tersebut. Pasalnya, Inggris bakal melakoni laga Nations League sebelum terlibat dalam laga Piala Dunia di Qatar, 21 November-18 Desember 2022.

"Saya ingin memecahkannya sesegera mungkin, saya ingin mencetak gol sebanyak mungkin dalam empat pertandingan berikutnya sebelum Piala Dunia," ujar Kane menjelang pertandingan melawan Hongaria di Budapest, Sabtu (4/6/2022).

Namun dia menegaskan bahwa performa tim menjadi hal yang utama. Kane tidak mau terlalu memikirkan rekor pribadi yang dicanangkan tersebut.

"Namun saya orang yang tidak membiarkan hal itu memengaruhi saya ketika berada di lapangan. Saya punya tugas yang mesti dikerjakan, ini bukan soal catatan gol... ini tentang tim mendapatkan tiga poin dan memenangkan pertandingan," ungkap pemain 28 tahun ini.

Baca juga: Fans Timnas Inggris Ejek Harry Maguire, Gareth Southgate Geram

Kane mengakui, memecahkan rekor gol itu akan menjadi pencapaian yang luar biasa. Dia melihat hal itu ketika Rooney melakukannya pada 2015.

Ya, Kane menjadi saksi ketika Rooney memecahkan rekor top skor sepanjang masa timnas Inggris yang pernah dipegang Bobby Charlton.

Rooney meruntuhkan rekor 49 gol milik Charlton saat melawan Swiss pada 2015, di mana Kane ikut bermain. 

"Tentu saja saya anggap itu akan menjadi pencapaian yang luar biasa. Saya cukup beruntung bisa bermain di lapangan dan bisa mencetak gol ketika Wayne memecahkan rekor," ujar Kane.

"Saya melihat betapa berartinya dia dan keluarganya. Saat itu saya sungguh tidak berpikir sejauh itu." 

Baca juga: Hasil Hongaria Vs Inggris 1-0: The Three Lions Terkapar, Gol Penalti Jadi Pembeda

Sayang, Kane gagal mencetak gol saat melawan Hongaria. Bahkan, Inggris takluk 0-1 yang menjadi kekalahan pertama The Three Lions dari Hongaria dalam 60 tahun terakhir atau sejak Mei 1962.

Selanjutnya, Inggris, yang tergabung di Grup 3 Liga A, akan menghadapi Jerman pada 8 Juni sebelum melawan Italia pada 12 Juni dan Hongaria (15 Juni). Mereka akan kembali bertemu Italia dan Jerman pada September.

Daftar top skor sepanjang masa Timnas Inggris:

  • Wayne Rooney: 53 gol, 120 caps
  • Harry Kane: 49 gol, 69 caps
  • Bobby Charlton: 49 gol, 106 caps
  • Gary Lineker: 48 gol, 80 caps
  • Jimmy Greaves: 44 gol, 57 caps
  • Michael Owen: 40 gol, 89 caps
  • Nat Lofthouse: 30 gol, 33 caps
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com