Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SEA Games 2021, Hal yang Harus Diperbaiki Timnas U23 Indonesia Jelang Lawan Filipina

Kompas.com - 13/05/2022, 07:30 WIB
Ahmad Zilky,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pengamat sepak bola, Mohamad Kusnaeni, menuturkan bahwa timnas U23 Indonesia harus mewaspadai Filipina dalam partai ketiga fase Grup A SEA Games 2021.

Adapun pertandingan timnas U23 Indonesia vs Filipina dalam jadwal SEA Games 2021 bakal bergulir di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (13/5/2022) sore WIB.

Kusnaeni mengungkapkan bahwa timnas Indonesia memang memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang Filipina.

Baca juga: Saat Shin Tae-yong Traktir Pemain Timnas U23 Indonesia Makan Pizza dan Durian...

Namun, kata Kusnaeni, Filipina diprediksi bakal bermain menekan sejak awal pertandingan. Sebab, mereka telah mempelajari kemampuan Garuda Muda saat bersua Timor Leste.

Jika ingin menangkal itu, timnas Indonesia harus bermain lebih rapi, fokus, dan tajam, agar bisa memenangi pertandingan melawan Filipina.

Pasalnya, Kusnaeni mengatakan bahwa timnas Indonesia saat melawan Timor Leste tampil kurang tenang dan percaya diri.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Bungkam Timor Leste, Shin Tae-yong Puji Satu Pemain

“Jadi pertama, timnas harus bermain tenang pada 15 menit awal,” kata Kusnaeni di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, dikutip dari Antara.

“Kemarin saat melawan Timor Leste lemahnya di situ, bermain tidak tenang, tidak percaya diri, hingga sering membuat kesalahan sendiri,” kata dia.

Kusnaeni menjelaskan, timnas U23 Indonesia juga tidak diperbolehkan untuk terbawa dengan skema permainan Filipina selama laga berlangsung.

Baca juga: Timnas Futsal Indonesia Vs Vietnam: Syauqi Saud Samakan Kedudukan 1-1

Setelah melakoni laga melawan Filipina, pasukan Shin Tae-yong masih harus menjalani pertandingan kontra Myanmar, Minggu (15/5/2022).

Tentunya, timnas Indonesia juga harus memenangi laga pamungkas melawan Myanmar untuk meningkatkan kans lolos mereka ke semifinal SEA Games 2022.

Kendati demikian, Kusnaeni mengatakan bahwa timnas U23 Indonesia tidak perlu terlalu memikirkan siapa lawan yang bakal mereka dapat di semifinal.

Baca juga: Jadwal Sepak Bola SEA Games 2021: Timnas Indonesia Vs Filipina

“Jangan pilih lawan, jangan berpikir siapa lawan di semifinal dulu. Pikir dulu saja bisa bermain normal di tiap pertandingan,” kata dia.

“Karena siapa pun lawannya nanti, sekarang level permainannya sama semua, Thailand, Singapura, Malaysia, semua sama,” tuturnya menambahkan.

“Jadi, tidak usah memilih lawan, yang terpenting adalah bisa main normal dan lolos (semifinal) terlebih dahulu karena ini kelihatannya tidak akan mudah untuk lolos (hingga final),” ujarnya mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com