Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Vietnam Cermat Sebelum Bertanding, Kelemahan Garuda Muda Jadi Fokus

Kompas.com - 07/05/2022, 09:40 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber Zing

KOMPAS.com - Penyerang timnas U23 Vietnam, Nyuyen Tien Linh, mengungkapkan langkah cermat yang dilakukan timnya sebelum bertanding dan memetik kemenangan atas Indonesia pada laga pertama fase grup sepak bola SEA Games 2021.

Laga timnas U23 Indonesia vs Vietnam dalam rangkaian fase grup sepak bola SEA Games 2021 itu berlangsung di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Jumat (6/5/2022) malam WIB.

Vietnam selaku tim tuan rumah sempat buntu ketika melawan Indonesia. Mereka tak kunjung mencetak gol hingga mengakhiri babak pertama dengan skor 0-0.

Seusai turun minum, Vietnam mulai menemukan celah dan berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-54.

Baca juga: Indonesia Vs Vietnam, Nguyen Tien Linh Bawa Tuan Rumah Unggul 1-0

Nguyen Tien Linh merupakan aktor utama dalam proses terciptanya gol pertama Vietnam. Dia membobol gawang Indonesia setelah memanfaatkan umpan silang Van Do.

Setelah itu, Nguyen Tien Linh kembali mengambil peran dengan menjadi pemberi assist dalam proses gol kedua yang dicetak oleh kapten timnas Vietnam, Hung Dung Do, pada menit ke-74.

Keunggulan 2-0 menempatkan Vietnam dalam posisi yang diuntungkan. Lalu, mereka mampu mencetak satu gol lagi melalui aksi Do Le Van pada menit ke-84 dan menutup laga kontra Indonesia dengan kemenangan 3-0.

Seusai laga, Nguyen Tien Linh yang menjadi bintang kemenangan Vietnam mengaku senang dengan hasi posisitif yang diraih timnya pada laga pertama fase grup SEA Games 2021.

Baca juga: Hasil Timnas Indonesia Vs Vietnam: Garuda Muda Tak Berdaya Takluk 0-3

"Saya senang tim U23 Vietnam bisa menyelesaikan pertandingan pembuka dengan sangat baik dan meraih kemenangan meyakinkan atas lawan," kata Tien Linh, dikutip dari Zing News.

Setelah itu, barulah Tien Linh mengungkapkan  langkah cermat yang dilakukan timnas U23 Vietnam sebelum bertanding dan mengalahkan Indonesia.

Berdasarkan pernyataan Tien Linh, timnas U23 Vietnam secara cermat menganalisis gameplay dan taktik Indonesia yang berada di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Langkah tersebut membuat timnas U23 Vietnam mengetahui kelemahan yang dimiliki skuad Garuda Muda.

Baca juga: Indonesia Kalah Telak dari Vietnam, Shin Tae-yong Sorot Kinerja Wasit

Mereka kemudian berfokus pada kelemahan itu ketika berusaha menyakiti timnas U23 Indonesia pada laga pertama fase grup sepak bola SEA Games 2021.

"Sebelum pertandingan, kami dengan cermat menganalisis gameplay dan taktik Indonesia dan fokus pada titik lemah mereka," ujar Tien Linh.

"Selama pertandingan, tim mampu menjaga semangat dan gameplay yang telah ditetapkan hingga meraih hasil yang kami inginkan," imbuhnya.

Halaman:
Sumber Zing
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com