Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benzema Jadi Pemain Pertama Madrid yang Sentuh 40 Gol Semusim Setelah Cristiano Ronaldo

Kompas.com - 27/04/2022, 03:23 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Gol pertama Karim Benzema ke gawang Manchester City pada laga leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu (25/4/2022), mempunyai signifikansi besar.

Karim Benzema mencetak gol ketiga pada laga Manchester City vs Real Madrid di Stadion Etihad tersebut setelah Kevin de Bruyne dan Gabriel Jesus membawa tuan rumah unggul cepat.

Gol Benzema pada menit ke-33 tersebut datang dari umpan silang Ferland Mendy. Ia menyambut bola dengan kaki kirinya walau di bawah penjagaan ketat Oleksandr Zinchenko.

Penyerang asal Perancis itu bisa memaksa bola menembus gawang Ederson kendati berada pada posisi tak ideal mencetak gol.

Bahkan, Opta mencatat gol tersebut hanya punya rating xG (ekspektasi gol) sebesar 0,04, menunjukkan betapa sulit peluang tersebut sebenarnya untuk dikonversi menjadi gol.

"Seorang striker top hanya perlu satu kesempatan," ujar Alan Shearer di BBC. "Hanya itu yang Karim Benzema perlukan. Ia memasukkan gol tersebut dengan sangat tenang."

Baca juga: HT Man City Vs Real Madrid: Diwarnai 2 Gol Cepat, The Citizens Memimpin 2-1

Ada torehan spesial dari sontekan Benzema pada dini hari WIB ini. Gol tersebut merupakan gol ke-40 Benzema dari 41 laga sepanjang musim ini.

Pemain terakhir Real Madrid yang menyentuh 40 gol semusim adalah Cristiano Ronaldo pada 2018 saat sang megabintang asal Portugal tersebut mencatatkan 44 gol.

Tak hanya itu, dengan mencatatkan 40 gol atau lebih dalam semusim, nama Benzema bergabung dengan nama-nama terbesar sepanjang sejarah Real Madrid.

Sebelum ini, @MisterChip mencatat, pemain-pemain Madrid yang bisa mencatatkan 40 gol atau lebih dalam semusim adalah Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas, Hugo Sanchez (2 kali), dan Cristiano Ronaldo (8 kali).

Baca juga: Fakta-fakta Gol Kevin de Bruyne dan Jesus ke Gawang Real Madrid

Gol tersebut sekaligus menjadi yang ke-13 bagi Benzema di Liga Champions musim ini, membawanya menyamakan torehan Robert Lewandowski (FC Bayern Muenchen) di puncak daftar pencetak gol.

Ia menjadi pemain keempat yang mencapai angka gol tersebut di Liga Champions dalam satu musim setelah Cristiano Ronaldo, Lewandowski, dan Lionel Messi.

Ini juga menjadi gol keempat Benzema dalam enam laga kontra Man City di Liga Champions. Gol pertamanya kontra The Citizens datang hampir 10 tahun lalu, pada September 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com