Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Drawing Piala Dunia 2022, Mesir dan Aljazair Minta Tanding Ulang

Kompas.com - 01/04/2022, 07:20 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

Sumber BBC,Goal

KOMPAS.com - Aljazair mengikuti jejak Mesir untuk mengajukan banding kepada FIFA. Kedua tim meminta tanding ulang jelang digelarnya drawing Piala Dunia 2022.

Mesir dan Aljazair sama-sama gagal lolos ke Piala Dunia. Keduanya lantas melakukan banding ke FIFA dan meminta tanding ulang lantaran sama-sama merasa dirugikan.

Asa Mesir lolos ke Qatar pupus usai kalah adu penalti 1-3 dari Senegal di fase play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika.

Laga berlanjut ke adu penalti setelah kedua tim berbagi. agregat seimbang 1-1 dalam sepasang leg.

Keberatan Mesir salah satunya bersumber dari serangan laser yang konstan diarahkan fan Senegal kepada Mohamed Salah.

Sesaat sebelum gagal menuntaskan tugas sebagai algojo di babak adu penalti, Mohamed Salah juga disorot laser berwarna hijau.

Baca juga: Drama Senegal Vs Mesir: Salah Korban Laser dan Gagal Penalti, Mane dkk ke Piala Dunia

Ketika hendak keluar arena, Salah disebut menerima lemparan benda dari tribune penonton.

Federasi Sepak Bola Mesir menyebut serangan kepada tim sudah dimulai sebelum laga. Kaca depan bus yang mengangkut Salah dkk pecah karena lemparan benda fan dalam perjalanan ke stadion.

“Kami meminta pertandingan ulang sebab laga dilangsungkan dalam atmosfer aneh dan jika kami kalah dalam situasi normal, kami akan mengucap selamat untuk Senegal,” ujar Gamal Allam, Presiden Federasi Sepak Bola Mesir.

Protes juga diajukan oleh Aljazair yang kalah dramatis dengan agregat 2-3 dari Kamerun.

Menang 1-0 pada leg pertama di markas Kamerun, Aljazair justru takluk 1-2 kala menjadi tuan rumah.

Baca juga: Mesir Kandas, Simpati untuk Mo Salah dan Peringatan bagi Sadio Mane

Tiket ke Qatar 2022 seperti sudah disegel Aljazair ketika Ahmed Touba menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada masa extra time di leg kedua.

Namun, harapan Aljazair ke Piala Dunia 2022 lenyap begitu Karl Toko Ekambi mencetak gol pada menit ke-120+4!

Protes resmi telah dilayangkan FAF, PSSI-nya Aljazair, kepada FIFA. Dalam pernyataan tertulis, pihak Aljazair menilai adanya skandal kepemimpinan wasit yang memengaruhi hasil akhir.

“FAF juga meminta dibukanya penyelidikan oleh FIFA terhadap keputusan wasit dalam laga Aljazair-Kamerun,” demikian bunyi salah satu tuntutan Aljazair.

Kubu Aljazair naik pitam karena melihat sepasang gol Islam Slimani pada babak kedua dan babak pertama masa extra time dianulir wasit asal Gambia, Bakary Gassama.

Gassama awalnya mensahkan gol Slimani pada menit ke-98, namun kemudian merevisi keputusannya usai berkonsultasi dengan VAR (Video Assistant Referee).

Protes yang dilayangkan Mesir dan Aljazair ini mengambil momen yang sangat berdekatan dengan acara drawing Piala Dunia 2022.

Drawing Piala Dunia 2022 untuk menentukan komposisi grup akan dilakukan Jumat (1/4/2022) di Doha Exhibition and Convention Center, Qatar, mulai pukul 23.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,Goal
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com