Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chelsea Vs Liverpool: Demi Ukraina, Thomas Tuchel Tak Keberatan Kalah

Kompas.com - 27/02/2022, 21:10 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, mengaku tak keberatan timnya mengalami kekalahan asalkan itu berdampak baik bagi Ukraina yang tengah dilanda kecamuk perang.

Chelsea asuhan Thomas Tuchel akan menantang Liverpool di final Piala Liga Inggris 2021-2022, di Stadion Wembley, Minggu (27/2/2022) pukul 23.30 WIB.

Thomas Tuchel mengakui ada perasaan campur aduk kala melakoni laga final Piala Liga Inggris versus Liverpool di tengah-tengah santernya berita mengenai invasi Rusia ke Ukraina.

“Jelas (laga akan berfungsi seperti pengalih perhatian], tetapi tetap saja, karena perang sangat dekat, sangat baru, mungkin itu (laga) datang dengan sedikit nuansa bersalah pada hari Minggu,” kata Tuchel seperti dilansir dari Metro.

“Seperti, apakah kita diizinkan untuk sepenuhnya terlibat, sepenuhnya melakukan perayaan? Atau apakah itu tidak pantas? Inilah yang saya rasakan karena ini sangat baru dan segar. Sebuah perasaan campur aduk, saya bilang.”

Baca juga: Chelsea Vs Liverpool, Peluang Tuchel Lepas dari Bayang-bayang Klopp

Tuchel juga enggan menjadikan tekanan yang diberikan kepada pemilik Chelsea asal Rusia, Roman Abramovich, sebagai dorongan ekstra untuk menghadapi Liverpool di final Piala Liga Inggris.

Roman Abramovich yang akhirnya telah menyerahkan tampuk kepengurusan Chelsea kepada 7 sosok di dewan direksi, banyak menuai kecaman seiring latar belakang kedekatannya dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

“Saya tahu apa yang Anda maksud dan terkadang kami menggunakan hal-hal semacam ini, seperti ketika keputusan bertentangan dengan Anda atau Anda merasa diperlakukan tidak adil.”

“Untuk membangun mentalitas semacam ini buat melindungi Anda, tim, staf Anda, dan membangun kelompok yang kuat guna melindungi diri dari pengaruh dan ketidakadilan dari luar. Dalam hal ini, masalahnya terlalu besar,” kata Tuchel dalam sesi konferensi pers jelang laga.

Baca juga: Prediksi Chelsea Vs Liverpool di Final Piala Liga Inggris dari 4 Pengamat Tanah Air

Sebagai seorang profesional, Tuchel jelas, tak terlalu menggubris soal tuntutan agar Chelsea kalah saja dalam duel kontra Liverpool.

Namun, di lain sisi, sang pelatih asal Jerman mengaku tak keberatan timnya kalah, asalkan itu berdampak baik bagi Ukraina yang dilanda perang.

“Saya paham maksudnya, tetapi jika Anda memikirkannya lagi, bagaimana itu bisa membantu sekarang, jika kami kalah dalam laga sepak bola, menilik situasi bahwa kita sedang berperang?”

“Ini tak cukup penting dan sayangnya tidak akan membantu. Jika benar begitu, saya akan senang kalah dalam pertandingan,” kata Tuchel lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com