Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Timor Leste, Evan Dimas Beri Wejangan kepada Pemain Muda

Kompas.com - 26/01/2022, 15:10 WIB
Suci Rahayu,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas, memberikan wejangan kepada para pemain muda yang tergabung dalam skuad senior Timnas Indonesia pada FIFA Matchday.

Tim Garuda akan melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis (26/1/2021).

Dia meminta para pemain menghapus rasa sungkan dan ragu karena saat ini mereka merepresentasikan sepak bola Indonesia, bukan lagi kelompok usia.

Tercatat 14 dari 27 pemain yang dipilih Shin Tae-yong merupakan pemain dengan rentang usia U23. Sejumlah 11 diantaranya berusia 20 tahun ke bawah.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia - Putri Lawan Filipina, Putra Vs Timor Leste

Termuda ada Ronaldo Kwateh (17) dan Marselino Ferdinan (17). Keduanya bahkan berpotensi memecahkan rekor pemain termuda yang debut bersama timnas senior.

Jika diturunkan pada laga besok, Ronaldo Kwateh akan berusia 17 tahun, 3 bulan, 8 hari, sedangkan Marselino akan berusia 17 tahun, 4 bulan, 18 hari.

Pencapaian kedua pemain ini mendapatkan apresiasi dari Evan Dimas. Dia mengungkapkan  bahwa keduanya memang punya kualitas untuk sejajar dengan pemain senior.

“Memang masuk di timnas di usia muda itu tidak gampang, perlu adaptasi. Tetapi saya lihat Marselino dan Ronaldo Kwateh ini pemain yang sangat berpotensi,” ujar pemain Bhayangkara FC.

Sebagai pemain berpengalaman di timnas, dia mengaku sering dimintai wejangan oleh rekan-rekannya yang lebih muda. Banyak yang bertanya mengenai cara supaya langgeng jadi langganan timnas.

Pemain Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh saat mengikuti latihan persiapan ujicoba FIFA Matchday di Stadion Gelora Trisakti Kuta, Bali, Jumat (21/1/2022) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh saat mengikuti latihan persiapan ujicoba FIFA Matchday di Stadion Gelora Trisakti Kuta, Bali, Jumat (21/1/2022) sore.

Dia pun berpesan untuk tidak terlena dengan momentum dan menegaskan untuk tidak puas setelah mendapatkan label pemain timnas. Sebab, tantangan terberat justru cara mempertahankannya.

“Memang untuk mencapainya itu gampang, tapi mempertahankannya itu yang susah,“ ujar pemain asli Surabaya.

“Yang penting harus jaga mental, penyesalan itu selalu di belakang, kalau misalnya ada kesempatan bermain di luar negeri maka ambil. Kalau mungkin saya sudah terlambat, harusnya dulu saya ambil kesempatan. Karena Itu yang membuat kita awet bermain bola,” imbuhnya.

Baca juga: Timnas Indonesia vs Timor Leste, Garuda Pantang Remehkan Lawan

Sementara untuk laga besok, Evan Dimas meminta para pemain menghapus rasa sungkan. Tujuannya untuk menjaga fokus pada pertandingan.

Dia juga menuntut para pemain muda menunjukkan determinasi dan kedewasaannya. Sebab sebagai bagian timnas senior mereka juga mengambil tanggung jawab menjaga harga diri skuad Garuda.

“Kamu tidak usah malu dengan saya, di lapangan tidak ada junior senior tapi di luar lapangan memang kita harus ada rasa hormat tapi di dalam lapangan kita harus bermain seperti senior karena kalian ini dipanggil timnas Senior, bukan junior lagi,” pungkas mantan pemain Persija Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com