Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejutan Persipura di Bursa Transfer, Top Skor PON Papua 2021 Bersinar Saat Debut

Kompas.com - 07/01/2022, 04:11 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Top skor PON Papua 2021, Ricky Cawor, menjadi pahlawan setelah menyelamatkan Persipura Jayapura dari kekalahan.

Satu gol yang dicetak pada menit-menit akhir memaksa pertandingan pembuka pekan ke-18 Liga 1 2021-2022 ketika melawan Persela Lamongan berakhir 1-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis (6/1/2022) sore.

Gol dari pemain berusia 23 tahun ini sekaligus menjadi bukti keraguan publik atas aktivitas Persipura Jayapura di bursa transfer.

"Saya senang Ricky bisa membantu kemenangan dengan mencetak gol. Semoga ke depannya dia bisa terus berkontribusi lebih maksimal," ujar pelatih Persipura Angel Alfredo Vera.

Baca juga: VIDEO - Gol Ricky Cawor dan Jose Wilkson di Laga Persipura Vs Persela

Seperti diketahui, Persipura Jayapura tidak banyak bergeliat pada bursa transfer paruh musim ini.

Sebagai evaluasi putaran pertama, manajemen melepas bek asal Brasil Henrique Motta yang tampil tidak sesuai ekspektasi. Selain itu, tim juga melepas Patrick Womsiwor yang bergabung ke klub Liga 2 Persewar.

Pada aktivitas pembelian, manajemen hanya mendatangkan dua pemain muda, yakni Ricky Cawor dan Alfons Migau.

Kedatangan keduanya mengundang tanya sebab Ricky Cawor dan Alfons Migau diketahui pemain jebolan tim PON Papua 2021, yang notabene sekelas amatir. Padahal, Persipura Jayapura saat ini membutuhkan banyak tambahan tenaga untuk mengejar poin demi bertahan di kasta tertinggi.

Namun, keraguan tersebut dijawab tuntas oleh keduanya saat laga melawan Persela Lamongan.

Mereka masuk sebagai pemain pengganti, Ricky Cawor masuk lebih dulu menggantikan Takuya Matsunaga pada menit 57, kemudian Alfons Migau masuk pada menit 82 menggantikan Nelson Alom.

Pemain Papua Ricky Ricardo selebrasi seusai menjebol gawang Aceh saat final sepak bola putra PON XX Papua 2021 yang berakhir dengen skor 2-0 di Stadion Mandala Kota Jayapura, Kamis (14/10/2021) sore.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pemain Papua Ricky Ricardo selebrasi seusai menjebol gawang Aceh saat final sepak bola putra PON XX Papua 2021 yang berakhir dengen skor 2-0 di Stadion Mandala Kota Jayapura, Kamis (14/10/2021) sore.

Meskipun baru pertama kali menapakan kaki di level profesional, keduanya tampak cukup padu bersama penggawa Mutiara Hitam lainnya.

Angel Alfredo Vera menegaskan meskipun tidak banyak bergerak di bursa transfer, bukan berarti tim diam begitu saja.

Baca juga: Berita Foto Persipura Jayapura Vs Persela Lamongan, Drama Satu Poin

Tim sudah punya rencana dan perhitungan untuk bangkit putaran kedua ini. Dia menegaskan kedua pemain tersebut menjadi bagian dari rencananya sehingga tidak asal didatangkan begitu saja.

"Saya pikir tim ini bagus. Saya pikir pada seri 3 lalu permainan kami cukup bagus. Jadi, tim ini akan semakin bagus dengan adanya Ricky, Alfons, juga yang tadi main dan satu lagi pemain asing yang akan bergabung dengan kami," ucapnya.

"Selain itu, nanti para pemain timnas kalau sudah kembali tentu bisa membantu kami," kata pelatih asal Argentina itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com