Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahmad Darmawan Pamit Akhiri Kerja Sama dengan Madura United

Kompas.com - 09/11/2021, 10:07 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebersamaan Rahmad Darmawan dan Madura United akhirnya berada pada pengujung jalan.

Baik Rahmad Darmawan maupun Madura United memutuskan mengakhiri kerja sama setelah rentetan hasil kurang memuaskan yang didapatkan tim selama 11 pekan Liga 1 2021-2022.

Melalui pesan singkat yang diterima Kompas.com, pelatih asal Lampung itu pamit dan mengonfirmasi bahwa sudah bukan bagian dari Madura United.

"Assalamualaikum wr wb. Semoga sehat selalu buat coaches, buat senior, kawan-kawan semua. Saya menginformasikan, terhitung tanggal 8 November 2021, saya bertemu Pak Achsanul (Madura United) dalam suasana baik dan bersepakat mengakhiri hubungan kerja," ujar pelatih yang biasa disapa RD itu.

Baca juga: Berani Pasang Pemain 16 Tahun, Begini Penjelasan Rahmad Darmawan

Madura United dan Rahmad Darmawan seperti tidak berjodoh pada musim ini.

Dengan materi pemain yang cukup berkualitas", racikan strategi yang diusung sebenarnya sudah cukup bagus, tetapi kemenangan seperti sulit berpihak.

Terbukti, dari 11 laga yang dipimpin Rahmad Darmawan, Bayu Gatra dkk berhasil membukukan 13 gol. Jumlah tersebut sama dengan yang torehkan PSIS Semarang di posisi keempat dan selisih satu gol dari Bali United di posisi kelima.

Namun, tingkat produktivitas tersebut tidak dibarengi dengan performa pertahanan yang baik.

Madura United sudah 15 kali kebobolan. Lini belakang menjadi salah satu masalah yang tidak kunjung terselesaikan.

Pemain Madura United Sansan Fauzi (kiri) berebut bola dengan pemain Arema FC Sergio Silva (kanan) pada pekan 10 Liga 1 2021 yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Sultan Agung Bantul, Senin (1/11/2021) malam.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pemain Madura United Sansan Fauzi (kiri) berebut bola dengan pemain Arema FC Sergio Silva (kanan) pada pekan 10 Liga 1 2021 yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Sultan Agung Bantul, Senin (1/11/2021) malam.

Total Madura United hanya mendulang dua kemenangan, lima seri, dan empat kekalahan dengan torehan 11 poin.

Hal itu membuat Laskar Sape Kerrab tercecer di posisi ke-14 klasemen sementara Liga 1 2021-2022, terpaut dua poin dari penghuni zona degradasi.

Raihan tidak memuaskan ini pula yang membuat Aliansi Suporter Madura United mendesak manajemen untuk melakukan percepatan melakukan revolusi tim.

Salah satunya ialah dengan meminta pertanggungjawaban Rahmad Darmawan.

Baca juga: Pelatih Madura United Rahmad Darmawan Sarankan Liga 1 Pakai VAR

Rahmad Darmawan menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepadanya serta meminta maaf kepada suporter Madura United karena gagal mengangkat performa tim.

"Terima kasih atas support dan doanya selama ini, mohon maaf kepada suporter Madura United karena belum bisa memberikan hasil yang diinginkan," ujarnya. 

"Semoga semakin sukses buat Madura United serta semoga kita semua selalu diberi kesehatan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com