Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arema FC Jadikan Lisensi Klub AFC Bagian dari Tradisi Tak Sekedar Lolos

Kompas.com - 20/10/2021, 17:30 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Arema FC menjadi satu dari sembilan klub yang memperoleh Lisensi Klub AFC dan Lisensi Klub Nasional 2021.

Kesembilan klub tersebut adalah Arema FC, Bali United FC, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.

Ini menjadi Lisensi Klub AFC kelima tim berlogo Kepala Singa Mengepal itu pada lima tahun berturut-turut sejak tahun 2017.

Baca juga: Sembilan Klub Memperoleh Lisensi Klub AFC, Siapa Saja?

Arema FC ingin menjadikan lolos Lisensi Klub AFC sebagai tradisi setiap tahunnya.

Lisensi tersebut menjadi bukti Arema FC tidak hanya sekedar fokus prestasi di lapangan hijau, namun juga berusaha menjadi klub klub profesional yang diakui oleh Asia.

Walaupun di tengah masa pandemi, Arema FC berusaha konsisten menjaga standar mutu baik dari segi program, kegiatan, administrasi dan sarana prasarana.

“Kalau di 2020 lalu adalah fase tersulit untuk bertahan, kini di 2021 klub harus berjuang untuk bangkit dan berproses di tengah kompetisi karena masih berada dalam situasi pandemi,” ungkap manager club Licensing Arema FC, Sudarmaji.

“Proses pelaporan kondisi klub adalah sebuah rutinitas tahunan yang harus disampaikan kepada AFC. Arema tetap bersemangat menjaga rutinitas itu, sekaligus fokus kami adalah kerja dan kerja untuk menjaga eksistensi Arema,“ jelas dia.

“Semoga dengan lolosnya Arema FC ini memberikan tambahan pemahaman lebih kepada semua pihak, baik Aremania, partner Arema di pemerintahan, serta mitra kerja, bahwa Arema FC on the track dalam pengelolaannya," imbuhnya.

Untuk mempertahankan Lisensi Klub AFC, menurut Sudarmaji, ini tidaklah mudah. Butuh waktu nyaris enam bulan untuk melakukan evaluasi setiap poin dari puluhan syarat wajib yang harus dipenuhi.

Harapannya tradisi yang sedang dibangun Arema FC ini bisa menjadi inspirasi, serta memberikan dampak positif bagi perkembangan sepakbola profesional Indonesia.

“Harapannya tentu saja karena ini sebagai indikator klub profesional maka diharapkan Club Licensing menjadi pemacu semangat klub-klub yang ada di Indonesia untuk memenuhi setidaknya 5 aspek yang diwajibkan. Ini tentunya akan sangat berdampak pada perkembangan sepak bola Indonesia kedepannya,” pungkas pria asal Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com