Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Duit, Juergen Klopp Ingatkan Newcastle United

Kompas.com - 16/10/2021, 12:27 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber Reuters

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Heboh pembelian klub Premier League Newcastle oleh konsorsium pimpinan PIF dari Arab Saudi belumlah kelar.

Sepekan lalu, PIF yang dipimpin putra mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman, menggelontorkan dana hingga Rp 5,08 triliun untuk membeli klub berjulukan The Magpies itu dari pemilik lama Mike Ashley.

Direktur baru Newcastle United Amanda Staveley tiba bersama rekan-rekannya di St James' Park di Newcastle upon Tyne di timur laut Inggris pada 8 Oktober 2021, setelah penjualan klub sepak bola ke konsorsium yang dipimpin Arab Saudi dikonfirmasi pada hari sebelumnya.OLI SCARFF Direktur baru Newcastle United Amanda Staveley tiba bersama rekan-rekannya di St James' Park di Newcastle upon Tyne di timur laut Inggris pada 8 Oktober 2021, setelah penjualan klub sepak bola ke konsorsium yang dipimpin Arab Saudi dikonfirmasi pada hari sebelumnya.

Baca juga: Antonio Conte Tergoda Latih Newcastle United, tetapi...

Gegara jual beli itu, Newcastle United masuk dalam golongan klub kaya di Inggris Raya.

Newcastle pun memaparkan ambisinya membangun klub hingga 10 tahun ke depan demi meraih trofi Premier League.

Suporter merayakan saat Newcastle United dibeli oleh PIF (Public Investment Fund), konsorsium Arab Saudi. Newcastle dibeli PIF pada Kamis (7/10/2021), di tengah isu pelanggaran HAM oleh Pangeran Mohammed bin Salman yang mengetuai badan tersebut.AP PHOTO/SCOTT HEPPELL Suporter merayakan saat Newcastle United dibeli oleh PIF (Public Investment Fund), konsorsium Arab Saudi. Newcastle dibeli PIF pada Kamis (7/10/2021), di tengah isu pelanggaran HAM oleh Pangeran Mohammed bin Salman yang mengetuai badan tersebut.

Tapi, bergelimangnya uang Newcastle United membuat pelatih LIverpool Juergen Klopp ikut berkomentar.

"Uang tidak bisa membeli kesuksesan," ujar Klopp, Jumat (15/10/2021).

Direktur intelijen nasional AS merilis laporan yang memberatkanPutra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (kanan) atas pembunuhan brutal terhadap jurnalis pembangkang Jamal Khashoggi (kiri) pada Oktober 2018.AFP PHOTO/MOHAMMED AL-SHAIKH Direktur intelijen nasional AS merilis laporan yang memberatkanPutra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (kanan) atas pembunuhan brutal terhadap jurnalis pembangkang Jamal Khashoggi (kiri) pada Oktober 2018.

Menurut Klopp, selain uang, Newcastle United perlu bekerja keras menempuh jalan berbatu menuju prestasi terbaik.

Newcastle di bawah kepemilikan baru akan menjajal kemampuannya melawan Tottenham Hotspur pada lanjutan Premier League 2021-2022, Minggu (17/10/2021).

Swansea City harus menempuh perjalanan 359,4 mil untuk bertandang ke markas Newcastle United, Stadion St James Park, pada 25 April 2015.MacNicol/AFP Swansea City harus menempuh perjalanan 359,4 mil untuk bertandang ke markas Newcastle United, Stadion St James Park, pada 25 April 2015.

Manajemen Newcastle sendiri pernah menyebut ingin mendulang sukses bersama PIF sama seperti Manchester City bersama juragannya asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sejauh ini, PIF masih mendapat kritikan lantaran Arab Saudi dianggap terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi di Konsulat Istanbul Turki, tiga tahun silam.

Gelandang Newcastle United (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur pada laga pekan ke-30 Liga Inggris 2020-2021 di Stadion St. James' Park, 4 April 2021. AFP/SCOTT HEPPELL Gelandang Newcastle United (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur pada laga pekan ke-30 Liga Inggris 2020-2021 di Stadion St. James' Park, 4 April 2021.

Khashoggi yang berpaspor Arab Saudi itu menjadi pengkritik keluarga kerajaan Arab Saudi.

"Saya menanti pernyataan resmi Ketua Eksekutif Premier League Richard Masters lantaran adanya kepedulian pada hak asasi manusia," kata Juergen Klopp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com