Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Vs Spanyol, Siapa yang Lebih Kuat di Mata Mourinho?

Kompas.com - 06/07/2021, 12:30 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, menilai timnas Italia berpeluang lebih besar lolos ke final Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 daripada Spanyol.

Pertandingan semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol dijadwalkan dihelat di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Rabu (7/7/2021) pukul 02.00 WIB.

Melihat kualitas skuad dan tren performa kedua tim, Jose Mourinho menilai timnas Italia saat ini sedikit lebih kuat daripada Spanyol.

Jose Mourinho secara detil merinci dan menyimpulkan bahwa kekuatan timnas Italia lebih merata dari lini belakang hingga depan.

Baca juga: Semifinal Euro 2020 Italia Vs Spanyol, Siapa Lebih Unggul Adu Penalti?

"Timnas Italia sudah tampil solid jauh sebelum Euro 2020. Perpaduan komposisi skuad timnas Italia sangat sempurna," kata Mourinho dikutip dari situs Football Italia.

"Di lini belakang, Italia punya Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini. Mereka berdua bisa bermain dengan mata tertutup. Mereka telah bermain bersama selama bertahun-tahun," ucap Mourinho.

"Italia juga memiliki full-back kuat. Saya tahu mereka kehilangan Leonardo Spinazzola. Namun, mereka memiliki Emerson Palmieri untuk menggantikan Spinazzola," tutur pelatih asal Portugal itu menambahkan.

"Di lini tengah, Jorginho memberi stabilitas yang sangat luar biasa. Mereka juga memiliki Nicolo Barella, Marco Verratti, dan Locatelli," ucap Mourinho.

"Di lini serang, Italia memiliki Ciro Immobille dan Belotti. Timnas Italia juga bisa mencetak gol dari lini kedua karena mereka memiiki Lorenzo Insigne atau Federico Chiesa," tutur Mourinho.

"Dari staf pelatih, Roberto Mancini dikelilingi oleh orang-orang terdekat yang juga punya pengalaman luar biasa. Para staf pelatih telah menciptakan suasana yang bagus di timnas Italia," ucap Mourinho.

Baca juga: Italia Vs Spanyol: Awas, Matador Lamban Bisa Bikin Azzurri Tertidur

Meski menilai timnas Italia lebih kuat, Mourinho menolak menyatakan anak asuh Roberto Mancini pasti akan lolos ke final.

Sebab, Mourinho menilai timnas Spanyol juga memiliki peluang untuk mengalahkan timnas Italia dan lolos ke final Euro 2020.

"Saya tidak mengatakan timnas Italia 100 persen lolos ke final. Saya sangat menghormati timnas Spanyol," kata Mourinho.

"Namun, saya menilai Spanyol tidak sekuat Italia. Meski demikian, timnas Spanyol patut diperhitungkan karena mereka memiliki banyak pemain berbakat dan ciri khas bermain," ucap Mourinho.

"Duel Italia vs Spanyol adalah ulangan dari final Euro 2012. Ketika itu Spanyol sukses menghancurkan Italia. Saya sangat menantikan pertandingan ini," tutur mantan pelatih Manchester United itu menambahkan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com