Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datangkan Marc Klok, Langkah Strategis nan Ideal Persib Bandung

Kompas.com - 30/06/2021, 17:43 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Marc Klok resmi bergabung bersama Persib Bandung.

Marc Klok, pemain naturalisasi asal Belanda, diikat kontrak jangka panjang berdurasi empat musim di Persib.

Bergabung bersama Persib, Marc Klok bakal bereuni bersama Robert Rene Alberts, mantan pelatihnya di PSM Makassar.

Klok dan Alberts bekerja sama di klub berjulukan Juku Eja itu selama dua musim, 2017 dan 2018.

Alberts juga diketahui sebagai sosok yang membawa pemain bernama lengkap Marc Anthony Klok itu untuk melanjutkan karier di Indonesia.

Baca juga: Marc Klok Resmi Gabung Persib Usai Tinggalkan Persija

Meski sempat berpisah selama dua musim, karena Alberts memilih pindah ke Persib dan Klok hengkang ke Persija Jakarta, keduanya diketahui masih menjalin hubungan pertemanan yang cukup erat.

Hubungan baik tersebut disinyalir menjadi salah satu faktor yang membuat Klok bersedia pindah ke Persib setelah memutuskan hengkang dari Persija.

Kehadiran Klok juga membuat skuad Persib kian kental dengan nuansa Belanda. Klok tercatat sebagai pemain berdarah Belanda keempat dalam skuad Maung Bandung.

Sebelumnya, Persib sudah memiliki Ezra Walian, Geoffrey Castillion, dan Nick Kuipers sebagai pemain berdarah Belanda dalam skuadnya.

Baca juga: Resmi Gabung Persib, Marc Klok Diikat Kontrak 4 Musim

Selain itu, mendatangkan Klok tampaknya menjadi langkah strategis yang dilakukan Persib untuk memperkuat lini tengah. Seperti diketahui, pada awal musim 2021, Persib kehilangan dua sosok sentral di pos gelandang; Omid Nazari dan Kim Jeffrey Kurniawan.

Nazari dan Kim memegang peranan penting dalam memberikan keseimbangan permainan serta alur serangan Persib di Liga 1 2020. Kontribusi Kim dan Nazari pun amat penting dalam kesuksesan Persib mencatatkan 100 persen kemenangan dalam tiga laga yang dilakoni musim lalu.

Hengkangnya Nazari dan Kim tentu menjadi kerugian tersendiri bagi Persib sehingga wajar bila pada jendela transfer awal musim 2021, Maung Bandung fokus mencari sosok yang sekiranya tepat untuk menggantikan  peran Nazari dan Kim.

Sebelumnya, Persib sudah mendatangkan Mohammed Bassim Rashid. Pemain asal Palestina itu dipercaya bakal menjadi suksesor Nazari di lapangan tengah Maung Bandung.

Baca juga: Marc Klok dan Deretan Pemain yang Pernah Membela Persib-Persija

Bassim Rashid adalah tipikal gelandang nomor 6, atau gelandang bertahan, yang piawai dalam membaca permainan dan memiliki kemampuan bertahan yang cukup baik.

Rashid tampaknya cakap memainkan peran sebagai pengendali permainan di lini tengah. Sekilas, karakter permainan Bassim Rashid memang mirip dengan Nazari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com