Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Konflik Perancis - Mbappe Bandingkan Giroud, Benzema, dan Neymar

Kompas.com - 14/06/2021, 09:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah perhelatan Euro 2020, Perancis diterpa isu konflik antara Kylian Mbappe dan Olivier Giroud. Dalam konferensi pers terbaru, Mbappe membandingkan Giroud dengan Benzema dan Neymar.

Pangkal dari kemunculan isu konflik di tubuh timnas Perancis adalah komentar Olivier Giroud usai laga uji coba melawan Bulgaria pada 8 Juni silam.

Usai laga yang dimenangi Perancis 3-0 itu, Giroud yang menyumbang dua gol mengeluhkan pasokan bola dari rekan-rekan setimnya.

“Saya tak banyak bersuara sebab terkadang, saya membuat pergerakan dan bola tidak datang,” kata Giroud.

“Saya tak bilang bahwa saya selalu membuat pergerakan terbaik, namun saya mencoba menawarkan solusi di kotak penalti,” tuturnya lagi.

Baca juga: Euro 2020, Paul Pogba Luruskan Rumor Konflik Mbappe-Giroud

Kylian Mbappe yang merupakan kolega Giroud di lini serang Perancis, disebut merasa tersindir atas pernyataan tersebut.

Mbappe bahkan diberitakan sampai meminta waktu khusus kepada sang pelatih, Didier Deschamps, untuk memberikan klarifikasi via konferensi pers.

Akan tetapi, permintaan Mbappe ditolak oleh Deschamps. Talenta belia yang bermain untuk Paris Saint-Germain (PSG) itu baru bisa bersuara kepada media dalam sesi konferensi pers timnas Perancis pada Minggu (13/6/2021).

Dalam membahas Giroud, Mbappe sampai membawa nama Karim Benzema dan rekannya di PSG, Neymar Jr.

“Neymar menyentuh bola 150 kali per laga, Benzema 80 kali, Giroud, karena gaya bermainnya, ia jauh lebih sedikit melakukan kontak dengan bola,” tutur Mbappe dalam video konferensi pers yang diunggah media Perancis, RMC

Baca juga: Perancis Diterpa Isu Konflik Giroud-Mbappe, Deschamps Langsung Bersih-bersih

“Terlihat jelas jika Anda membandingkan operan yang saya berikan kepada Benzema atau Neymar akan lebih banyak dari yang saya lepas ke Giroud.”

“Namun, itu bukan berarti saya tak melihat Giroud. Benzema datang 40 meter dari gawang untuk menyentuh bola, sementara Giroud lebih suka tinggal di depan dan berada di kotak penalti untuk menerima operan final,” kata Mbappe.

Menurut Mbappe, ini lebih kepada persoalan karakteristik bermain seorang penyerang, bukan karena dirinya sengaja tak mau memberi pasokan bola kepada Giroud.

“Saya merasa itu sedikit kurang sehat untuk menyiratkan sesuatu tanpa mengatakannya. Kalian (jurnalis) membuat kesan bahwa saya tak mau mengoper kepada Giroud. Saya katakan mereka adalah pemain berbeda.”

Baca juga: Neymar Dibilang PenghambatTransfer Kylian Mbappe ke Real Madrid

Isu konflik antara Mbappe dengan Giroud jelas bukanlah modal ideal untuk Perancis yang tergabung dalam grup keras di Euro 2020.

Les Bleus (Si Biru), julukan Perancis, tergabung dalam Grup F Piala Eropa 2020 bersama Jerman, Portugal, dan Hongaria.

Perancis akan mengawali petualangan di Euro 2020 dengan berduel melawan Jerman di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Selasa (15/6/2021) atau Rabu dini hari WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com