Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Izin Liga 1 Turun, Arema FC Harapkan Tindak Lanjut Operator Kompetisi

Kompas.com - 01/06/2021, 07:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Izin untuk penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 akhirnya terbit.

Surat izin fisik diserahkan langsung Kapolri Listyo Sigit Prabowo kepada Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/05/2021) sore.

Arema FC berharap keluarnya izin keramaian Liga 1 dan Liga 2 dari pihak otoritas keamanan bisa segera mendapatkan tindak lanjut.

Sebab, dengan terbitnya surat izin tersebut, seluruh syarat untuk memutar kompetisi sudah terpenuhi.

“Tentunya kami berharap ke depan secepatnya akan muncul regulasi dan jadwal yang tersusun agar kita mempersiapkan sampai 10 Juli untuk melaksanakan kompetisi ini,“ ujar Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

“Harapan kami akan ada pertemuan di awal Juni kemungkinan pada tanggal 2 atau 3 Juni terkait pelaksanaan teknisnya seperti apa,“ kata Sudarmaji lagi.

Baca juga: Pelatih Persib Robert Alberts Belum Mau Komentari Format Liga 1

Selain pembahasan teknis, Sudarmaji juga menyinggung masalah subsidi.

Seiring kondisi industri sepak bola yang sedang dalam proses bangkit, subsidi bakal menjadi stimulan untuk menyeimbangkan keuangan klub.

“Yang paling penting adalah ada beberapa hal yang harus dibicarakan yaitu terkait subsidi karena juga ada hal yang penting dalam situasi pandemi ini, yakni kelangsungan hidup klub harus mendapatkan proteksi,” tutur MO asal Banyuwangi tersebut.

“Minimal berkomunikasi dengan pihak penyelenggara kompetisi, karena kami tidak ingin ada hal yang bisa menghambat kompetisi itu sendiri,” ucapnya lagi.

Sudarmaji juga meminta operator dan federasi meninjau kembali risiko atau dampak negatif terhadap skema penyesuaian penyelenggaraan kompetisi di masa pandemi.

Dengan banyaknya penyesuaian yang terjadi, bakal banyak celah yang berpotensi menghambat jalannya kompetisi.

Pemain Arema FC, Dedik Setiawan mengikuti latihan rutin untuk persiapan Liga 1 2021 di Lapangan Ketawang Gondanglegi Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (28/05/2021) pagi.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pemain Arema FC, Dedik Setiawan mengikuti latihan rutin untuk persiapan Liga 1 2021 di Lapangan Ketawang Gondanglegi Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (28/05/2021) pagi.

Di samping kelalaian penerapan protokol kesehatan, celah paling nyata adalah garis kerja sama antara klub, sponsor, dan pemain.

Sebab, hal-hal yang berhubungan dengan nominal dan angka selalu sensitif dan rawan terjadi sengketa.

Sehingga, menurut Sudarmaji, perlu adanya analisis mendalam serta langkah preventif yang diwujudkan dalam bentuk regulasi.

“Proteksi ini penting karena kita tahu potensi-potensi adanya sengketa bisa diminimalisasi. Selain itu protokol kesehatan ini akan diatur dalam regulasi,” ucap Sudarmaji.

Baca juga: Izin Liga 1 2021 Turun, Arema FC Siap Jalankan Amanah Kapolri

“Karena itu ada beberapa regulasi-regulasi yang perlu untuk disosialisasikan pada stakeholder yang lain, utamanya suporter, proteksi kepada sponsorship, termasuk proteksi terhadap pemain.“

“Itu harapannya, waktu sudah sangat pendek, kita maksimalkan 1 bulan setengah ini untuk benar-benar memantapkan persiapan kompetisi agar bisa digulirkan,” katanya mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com