Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Menpora 2021 - Prokes Dipegang Teguh, Sepak Bola Berpesta di Tengah Pandemi

Kompas.com - 26/04/2021, 10:30 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pergelaran turnamen pramusim Piala Menpora 2021 memegang teguh protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini sejalan dengan komitmen yang sejak awal dikumandangkan oleh Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021 dan PSSI selaku induk sepak bola Tanah Air.

Komitmen OC dan PSSI terkait penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 kemudian tertuang dalam regulasi Piala Menpora 2021.

Dalam regulasi tersebut dijelaskan secara rinci tentang hal-hal yang harus diperhatikan dan dipatuhi selama pergelaran Piala Menpora 2021.

Baca juga: OC Piala Menpora 2021 Kucurkan Rp 2 M untuk Match Fee Laga Pertama

Hal paling mendasar terkait penerapan protokol kesehatan pada Piala Menpora 2021 tertuang dalam Pasal 29 Ayat 1 tentang tes Covid-19 dan cek temperatur suhu tubuh.

Ayat itu berbunyi, seluruh pihak yang terlibat dalam pertandingan, termasuk pemain, pelatih, perangkat pertandingan, panitia penyelenggara, keamanan, dan media di stadion serta area aktivitas yang berhubungan dengan pertandingan harus dalam keadaan bebas dari paparan Covid-19.

Dalam upaya menjaga konsistensi penerapan Pasal 29 Ayat 1, OC melakukan Swab Test Rapid Antigen/GeNose dan screening secara berkala terhadap seluruh pihak terkait yang akan masuk ke stadion.

Hasil tes yang sudah diambil kemudian akan tertera dalam sistem LIAS Match pada hari pertandingan. Sistem ini akan membantu proses screening yang menjadi aspek krusial dalam penerapan protokol kesehatan selama Piala Menpora 2021.

Baca juga: Setiap Venue Tes Antigen 299 Orang, Begini Penerapan Prokes Piala Menpora 2021

Selanjutnya, setiap pihak yang bakal memasuki stadion tetap harus menjalani pengukuran suhu tubuh meski sudah dinyatakan bebas dari paparan Covid-19.

Penerapan protokol kesehatan jelang laga leg pertama final Piala Menpora 2021 Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Kamis (22/4/2021) petang. KOMPAS.com/Rizal Setyo Nugroho Penerapan protokol kesehatan jelang laga leg pertama final Piala Menpora 2021 Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Kamis (22/4/2021) petang.
Apabila pengukuran suhu tubuh menunjukkan lebih dari 37,5 derajat celcius, pihak terkait tidak diperbolehkan masuk ke stadion dan harus melalui protokol kesehatan yang sudah dirancang sedemikian rupa.

Langkah tersebut cukup menunjukkan betapa ketatnya penerapan protokol kesehatan pada Piala Menpora 2021, bahkan sebelum seseorang memasuki stadion.

Ketika sudah memasuki stadion, seluruh pihak tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Baca juga: Tidak Patuh Prokes di Final Piala Menpora, Petinggi Klub pun Bisa Kena Semprit Satgas Covid-19

Dalam regulasi disebutkan bahwa semua pemain cadangan dan ofisial yang berada di team bench wajib mengenakan masker selama pertandingan, kecuali saat warming-up dan bermain di lapangan.

Para pemain dan perangkat pertandingan yang berada di dalam lapangan pun juga harus menaati beberapa protokol, seperti menjaga jarak saat foto tim dan melakukan selebrasi.

Persib Bandung sebagai salah satu klub peserta Piala Menpora 2021 sampai menyiapkan selebrasi khusus untuk menghormati protokol kesehatan yang berlaku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com