Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Unik Semifinal Piala Menpora 2021 Persib Vs PS Sleman

Kompas.com - 16/04/2021, 04:20 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persib Bandung dan PS Sleman akan bersua dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala Menpora 2021.

Duel leg pertama semifinal antara Persib vs PSS akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/4/2021) malam.

Pertarungan antara Persib vs PS Sleman bisa disebut sebagai duel tim paling produktif melawan klub dengan pertahanan terbaik di Piala Menpora 2021.

Persib merupakan tim dengan tingkat produktivitas yang tinggi.

Baca juga: Persib Vs PS Sleman: Potensi Ancaman dari Deretan Mantan

Dalam empat pertandingan yang dilakoni, klub berjulukan Maung Bandung itu berhasil membukukan sembilan gol, tercatat sebagai yang tertinggi dibandingkan dengan semifinalis Piala Menpora 2021 lainnya.

Tingginya tingkat produktivitas tim Persib layak diwaspadai oleh PS Sleman. Pasalnya, distribusi gol Persib terbilang merata.

Artinya, Maung Bandung tidak hanya mengandalkan satu atau dua pemain saja dalam upaya mencetak gol.

Sembilan gol yang dibukukan Persib selama Piala Menpora disumbangkan oleh enam pemain berbeda; Frets Butuan (dua gol), Wander Luiz (dua gol), Ezra Walian (dua gol), Ferdinand Sinaga (satu gol), Esteban Vizcarra (satu gol), dan Nick Kuipers (satu gol).

Dari enam pemain yang sudah menyumbang gol untuk Persib, lima di antaranya berposisi sebagai pemain depan. Hanya Nick Kuipers pemain belakang yang menyumbangkan untuk Persib.

Baca juga: Semifinal Piala Menpora - Tantang Persib, PS Sleman Terancam Kelelahan

Melalui catatan tersebut, tidak berlebihan bila menyebut Persib punya lini depan yang sangat tajam. Akan tetapi, di laga melawan PS Sleman, Persib terancam mengalami krisis pemain depan.

Pasalnya, Wander Luiz dipastikan absen karena menjalani sanksi kartu merah. Selain Luiz, Ezra Walian juga masih diragukan tampil. Pemain berdarah Belanda-Indonesia itu mengalami cedera hamstring ketika tampil di laga perempat final menghadapi Persebaya Surabaya.

Dalam situasi tersebut, Alberts tentu sudah memiliki rencana untuk membuat lini depan Persib tetap garang. Sejumlah pemain seperti Ferdinand Sinaga, Esteban Vizcarra, hingga Frets Butuan bisa diandalkan Alberts untuk menutup lubang yang ditinggalkan Luiz atau Ezra.

Lebih penting, para pemain yang nantinya dipercaya untuk menggantikan peran dari Wander Luiz ataupun Ezra Walian bisa lebih agresif untuk membongkar pertahanan PS Sleman yang kukuh.

Baca juga: Semifinal Piala Menpora - Persib Tambah Amunisi Jelang Lawan PS Sleman

Seperti diketahui, PS Sleman adalah semifinalis Piala Menpora dengan tingkat kebobolan paling rendah. Tercatat, baru dua gol yang bersarang di gawang PS Sleman dalam lima pertandingannya di Piala Menpora 2021.

Selain dituntut lebih agresif, lini pertahanan Persib juga tidak boleh lengah kala bersua PS Sleman. Memang benar, produktivitas PS Sleman menjadi yang paling rendah bila dibandingkan dengan semifinalis lain di Piala Menpora 2021.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com