Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sah! Izin Tertulis Polri Diberikan, Piala Menpora 2021 Siap Bergulir

Kompas.com - 19/02/2021, 15:17 WIB
Celvin Moniaga Sipahutar,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Izin tertulis dari Polri secara resmi telah diserahkan oleh Menpora Zainudin Amali kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di Jakarta, Jumat (19/2/2021) siang WIB.

Penyerahan izin diberikan setelah keputusan Polri terkait pelaksanaan Piala Menpora sudah keluar pada Kamis (18/2/2021) sore WIB.

Artinya, Piala Menpora akan dilaksanakan sesuai rencana pada 20 Maret-25 April.

"Sekarang izinnya telah keluar berkat izin kita bersama," kata Menpora Zainudin Amali.

"Tidak ada satu pun orang yang menonjol, bukan Kemenpora, PSSI, PT LIB, tapi semuanya."

"Oleh karena kerja sama inilah pihak Kepolisian mendapatkan keyakinan dari kita untuk bisa mengeluarkan izin."

Baca juga: Piala Menpora Digelar Tanpa Penonton, Siapa Saja yang Boleh Masuk Stadion?

Terkait perizinan, Menpora Zainudin Amali pun kembali menegaskan semua elemen termasuk suporter untuk berkomitmen menjaga turnamen pramusim.

Ia meminta semua pihak saling bekerja sama agar Piala Menpora dapat berjalan baik sehingga izin Liga 1 dan 2 akan turut dikeluarkan.

"Izin ini adalah untuk turnamen pramusim, jangka atau durasi pendek, tapi ini sangat menentukan nasib kompetisi (Liga 1 dan 2).

"Kalau bisa dijaga dengan baik, terlaksana sesuai komitmen dengan apa yang sudah dipersiapkan pengelola turnamen, maka saya yakin Polri akan kembali memberi izin lagi.

Resmi mendapatkan izin dari Polri, Mochamad Iriawan pun sangat mengapresiasi Kemenpora karena selalu menjembatani dengan pihan kepolisian.

"Kami berterima kasih kepada Pak Menpora karena apa yang ditunggu federasi dan stakeholder sepak bola, akhirnya kemarin dan hari ini sejarah ditorehkan bahwa izin di tengah situasi Covid-19 dapat diperoleh," kata Mochamad Iriawan.

Baca juga: Peserta Piala Menpora dari Liga 2 Hanya Sriwijaya FC dan PSMS, Kenapa?

"Ini adalah perjalanan panjang, federasi berusaha untuk mengupayakan izin keluar kepada pihak kepolisian dan kami sudah lapor ke Pak Menpora."

"Alhamdulillah, setelah empat kali mengupayakan pada saat Kapolri berganti kepada Pak Listyo Sigit izin diberikan usai dikaji lebih mendalam oleh pihak kepolisian dan akhirnya dikeluarkan."

Piala Menpora nantinya akan diikuti oleh 20 klub. Kontestan akan terbagi menjadi lima grup yang masing-masing berisikan empat klub

Adapun klub peserta adalah 18 tim Liga 1 dan sisanya berasal dari Liga 2, yakni Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com