Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Laga Terakhir Gawang Man City Steril Gol, John Stones Buka Rahasia

Kompas.com - 07/02/2021, 15:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Manchester City memiliki rekor meyakinkan sebelum melawat ke kandang Liverpool dalam lanjutan kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, pada Minggu (7/2/2021) malam WIB.

Skuad asuhan pelatih Pep Guardiola mampu menjaga gawangnya tidak kebobolan dalam enam pertandingan terakhir mereka di ajang Premier League.

Kali terakhir pasukan Man City kecolongan gol terjadi saat berduel kontra Chelsea pada 3 Januari lalu.

Laga tersebut berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan The Citizens.

Bek tengah Man City, John Stones, berani terang-terangan mengungkap bagaimana timnya mampu meredam serangan lawan secara efektif dalam periode tersebut.

Baca juga: Liverpool Vs Man City, Kans Sterling Samai Pencapaian Messi dan Aguero

John Stones menyebut kinerja impresif lini pertahanan timnya terjadi berkat pergerakan secara kolektif untuk menekan ruang gerak lawan saat menguasai bola.

"Kami berupaya menyempitkan wilayah permainan sebanyak dua hingga tiga meter. Hal tersebut memberi efek cukup besar bagi pergerakan para gelandang dan penyerang," ujar Stones dilansir dari Daily Mail.

"Hal itu memaksa pemain lawan untuk memainkan bola panjang karena minimnya celah antar lini tim kami. Rekan setim saya juga mengantisipasi pergerakan dari kedua sisi lapangan," katanya lagi.

Pemain 26 tahun itu juga menyebut bagaimana timnya bermain dengan garis pertahanan cukup tinggi saat bertanding sepanjang musim ini.

Cara ini memiliki salah satu kelebihan, seperti diungkap oleh Guardiola, yakni membuat pemain tidak perlu mengeluarkan tenaga berlebih untuk menekan lawan.

Antisipasi berupa pola permainan menggunakan umpan panjang membuat kubu lawan lebih sering melakukan kesalahan sendiri.

"Namun, segalanya bergantung kepada lawan yang kami hadapi," ujar Guardiola kepada Sky Sports.

Baca juga: Jelang Liverpool Vs Man City, Gelandang Citizens Anggap The Reds Masih Berbahaya

"Secara keseluruhan kami tidak bertahan lebih baik, melainkan bermain lebih baik dibandingkan sebelumnya," katanya menambahkan.

Berdasarkan statistik yang dirangkum KOMPAS.com dari Sky Sports, Man City mengungguli tim peserta Premier League lain dalam hal penguasaan bola.

Mereka mencatatkan rata-rata 65,4 persen memegang bola per laga sepanjang musim ini, mengungguli sejumlah tim seperti Liverpool (64,2 persen), Chelsea (61,2), dan Leeds United (60,9).

Dominasi dalam hal penguasaan bola tersebut berbanding lurus dengan performa positif Man City yang meraih kemenangan dalam sembilan pertandingan terakhir mereka di ajang Premier League.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com