Tinggalkan Juventus, Sami Khedira Pulang ke Bundesliga

Kompas.com - 02/02/2021, 01:35 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gelandang berkebangsaan Jerman, Sami Khedira, resmi meninggalkan Juventus untuk bergabung dengan klub peserta Bundesliga, Hertha Berlin, pada Selasa (2/2/2021) dini hari WIB.

Hertha Berlin mendapatkan Sami Khedira secara gratis, setelah sang pemain memutuskan untuk menyudahi kontraknya dengan Juventus.

Melalui laman resmi Hertha Berlin, Sami Khedira bertekad mengerahkan semua kemampuannya untuk mengantarkan klub Ibu Kota Jerman meraih posisi lebih baik di ajang Bundesliga musim ini.

Baca juga: Bologna Dapat Lampu Hijau untuk Pinjam Bek Tengah Juventus

"Saya bisa menyumbangkan pengalaman bermain selama beberapa tahun terakhir untuk mencapai tujuan tersebut," ujar gelandang 33 tahun itu.

"Klub ini telah berupaya keras untuk mendatangkan saya, sekaligus memberi kesempatan bagi saya untuk kembali bermain di Bundesliga," katanya menambahkan.

Khedira kali terakhir tampil di Bundesliga bersama Stuttgart pada musim 2009-2010, sebelum menghabiskan 10 tahun dalam kariernya untuk membela Real Madrid dan Juventus.

Dalam kariernya di kompetisi teratas Liga Jerman, Khedira mencatatkan 98 penampilan dan mencetak 14 gol yang semuanya dibukukan saat berseragam Stuttgart.

Peraih trofi Piala Dunia 2014 bersama timnas Jerman itu diketahui akan mengenakan nomor punggung 28 saat bermain untuk Hertha pada paruh kedua musim ini.

Dalam skuad Hertha saat ini juga terdapat dua pemain lain jebolan Serie A yang telah bergabung lebih dulu, yakni bekas penyerang AC Milan, Krzysztof Piatek, dan eks gelandang AS Roma, Nemanja Radonjic.

Khedira juga akan bereuni dengan mantan rekannya di timnas Jerman, Arne Friedrich, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Olahraga Hertha.

"Saya mengetahui kualitas kepemimpinan dalam dirinya saat bermain bersama pada Piala Dunia 2010. Sangat menyenangkan bisa melihatnya bergabung dengan Hertha," ujar Friedrich.

"Kami mendapatkan pemain dengan pengalaman tampil di kompetisi seperti Serie A dan Liga Champions, serta berharap ia bisa memberikan dampak langsung bagi permainan tim," katanya lagi.

Baca juga: Perbandingan Gaji Messi dan Ronaldo dalam Detik, Bagai Bumi dan Langit

Hertha tengah berjuang untuk bisa beranjak meninggalkan papan bawah klasemen sementara Bundesliga musim ini.

Skuad asuhan pelatih Pal Dardai itu menempati posisi ke-15 dari 18 tim peserta dengan raihan 17 poin dari 19 pertandingan.

Hertha hanya memiliki keunggulan selisih gol dari Arminia Bielefeld yang sekarang berada di zona play-off degradasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com