Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atletico Madrid Resmi Putus Kontrak Diego Costa

Kompas.com - 29/12/2020, 20:28 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Atletico Madrid resmi mengakhiri ikatan kerja penyerang Diego Costa berdasarkan kesepakatan bersama yang diumumkan pada Selasa (29/12/2020) waktu setempat.

Diego Costa dikabarkan telah mengajukan permintaan untuk meninggalkan klub dengan alasan pribadi sejak beberapa hari lalu.

Seperti dikutip Kompas.com dari laman resmi Atletico Madrid, kontrak Diego Costa bersama klub asal ibu kota Spanyol itu tadinya berlaku hingga Juni 2021.

Permintaan untuk meninggalkan klub ini diduga dilatarbelakangi keinginan untuk segera berpindah klub pada bursa transfer Januari mendatang.

Baca juga: Bursa Transfer - Trippier Absen Lama, Atletico Siap Pinjam Bek Chelsea

Faktor lain yang membuat Diego Costa ingin segera hengkang dari skuad asuhan Diego Simeone adalah berkurangnya menit bermain seiring kedatangan penyerang lain musim ini, Luis Suarez.

Dalam perjalanan kompetisi kasta tertinggi Spanyol, LaLiga, musim ini, Diego Costa baru tampil sebanyak tujuh kali dengan lima kesempatan di antaranya masuk sebagai pemain pengganti.

Penyerang 32 tahun itu total mengumpulkan 207 menit bermain, dan baru mampu menyumbang dua gol selama turun bertanding di kompetisi domestik tersebut.

Catatan itu berada di bawah koleksi gol Suarez yang sudah mencapai tujuh buah.

Pemain lain seperti Joao Felix dan Marcos Llorente juga terbilang lebih produktif dibandingkan Costa, usai mampu membukukan lima gol di LaLiga sejauh ini.

Masalah kebugaran seperti cedera otot dan problem sumbatan pembuluh darah di kaki kanan selama beberapa waktu terakhir makin menyulitkannya tampil optimal untuk Atletico.

Costa memulai ikatannya dengan Atletico saat didatangkan dari klub Portugal, Braga, pada 2007 lalu dengan mahar senilai 1,5 juta euro (sekitar 26 miliar rupiah).

Ia sempat menjalani masa pinjaman ke sejumlah klub Spanyol lain seperti Real Valladolid, Albacete, Rayo Vallecano, hingga Celta Vigo.

Baca juga: Sukses Cetak Rekor Historis, Luis Suarez Malah Dimaki Rekan Setim

Pemain Spanyol kelahiran Brasil itu juga sempat dilego ke Chelsea pada 2014, dan kembali ke pangkuan Atletico empat tahun berselang.

Total dalam dua periode membela Atletico, Costa mencatatkan 215 penampilan di semua ajang dengan torehan 83 gol serta 36 assist.

Ia berjasa mengantarkan skuad Los Colchoneros meraih gelar juara LaLiga pada 2013-2014, Copa del Rey (2013), Liga Europa (2018), dan dua gelar Piala Super Eropa (2010 dan 2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com