Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Corona Bikin Asosiasi Klub Eropa Kehilangan Pemasukan

Kompas.com - 16/09/2020, 21:45 WIB
Josephus Primus

Penulis

BELLINZONA, KOMPAS.com - Asosiasi Klub Eropa, bulan lalu sudah mengumumkan kehilangan pemasukan dalam jumlah relatif besar lantaran pandemi corona.

Menurut Ketua Asosiasi Andrea Agnelli, prediksi kehilangan dalam dua tahun sejak kini adalah di angka 4,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 65,8 triliun.

Para pemain Real Madrid U19 dan pelatih Raul Gonzalez Blanco merayakan kemenangan atas Benfica di final UEFA Youth League 2020 di Colovray Sports Centre, Nyon, Swiss, pada 25 Agustus 2020.LALIGA/EFE/JEAN-CHRISTOPHE BOTT Para pemain Real Madrid U19 dan pelatih Raul Gonzalez Blanco merayakan kemenangan atas Benfica di final UEFA Youth League 2020 di Colovray Sports Centre, Nyon, Swiss, pada 25 Agustus 2020.

Sementara itu, FIFA hingga kini menyiapkan dana bantuan mencapai 1,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 21 triliun kata Ketua Penasihat (SC) FIFA untuk Pandemi Corona Olli Rehn, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: FIFA: Pandemi Corona Gerus Duit Sepak Bola Dunia

Sejauh ini, setiap asosiasi sepak bola bisa meminta dana bantuan ke FIFA sebesar 1 juta dollar AS atau Rp 14 miliar.

Pemain Bayern Muenchen melakukan selebrasi dengan trofi juara setelah menang dalam laga final Liga Champions melawan Paris Saint-Germain (PSG) di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal, Minggu (23/8/2020). Bayern Muenchen keluar sebagai juara Liga Champions 2019-2020 setelah berhasil menundukkan PSG di final dengan skor 1-0.AFP/POOL/MANU FERNANDEZ Pemain Bayern Muenchen melakukan selebrasi dengan trofi juara setelah menang dalam laga final Liga Champions melawan Paris Saint-Germain (PSG) di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal, Minggu (23/8/2020). Bayern Muenchen keluar sebagai juara Liga Champions 2019-2020 setelah berhasil menundukkan PSG di final dengan skor 1-0.

Untuk tiap konfederasi sepak bola, semisal Asia (AFC), dana bantuan yang tersedia adalah 2 juta dollar AS atau Rp 28 miliar.

Pembinaan sepak bola wanita di tiap negara mendapat dana bantuan 500.000 dollar AS atau Rp 7 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com