Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak Bobby Charlton Tutup Usia, Sejumlah Klub Premier League Ikut Berduka

Kompas.com - 11/07/2020, 19:04 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu legenda tim nasional Inggris, Jack Charlton, meninggal dunia pada usia 85 tahun.

Kabar duka tersebut diketahui berdasarkan pernyataan pihak keluarga yang diunggah pada laman resmi Premier League, Sabtu (11/7/2020) sore WIB.

Berdasarkan pernyataan pihak keluarga, Jack Charlton meninggal dunia pada Jumat (10/7/2020) waktu setempat di kediamannya yang terletak di Northumberland, Timur Laut Inggris.

"Jack meninggal dengan damai pada Jumat, 10 Juli. Dia meninggal saat berada di rumah, Northumberland, dengan keluarga di sisinya," demikian pernyataan keluarga Jack Charlton.

Baca juga: Klopp Pastikan Henderson Tetap Ikut Angkat Trofi Liga Inggris meski Cedera

Jack Charlton merupakan kakak laki-laki dari legenda Manchester United, Bobby Charlton.

Selama berkarier di dunia sepak bola, Jack pernah membawa timnas Inggris menjuarai Piala Dunia 1966.

Melansir dari laman resmi Premier League, dia mencatatkan 35 penampilan bersama timnas Inggris.

Selain timnas Inggris, Jack Charlton menghabiskan seluruh kariernya sebagai pesepak bola profesional bersama Leeds United (1953-1973).

Selama berseragam klub yang pernah berjaya pada era 1960-1970an itu, Jack Charlton membukukan 762 penampilan di semua kompetisi.

Total penampilan Jack Charlton masih menjadi yang terbanyak dalam sejarah Leeds United.

Baca juga: Pesan Emosional Jordan Henderson Usai Liverpool Juara Premier League

Kabar kepergian Jack Charlton mengundang dukacita dari sejumlah klub peserta Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris.

Manchester United, Chelsea, hingga juara Premier League musim 2019-2020, Liverpool, mengucapkan dukacita sembari memberi penghormatan atas peran dan kontribusi Jack Charlton untuk timnas Inggris.

"Kami sangat sedih dengan meninggalnya Jack Charlton, saudara laki-laki Sir Bobby dan anggota tim pemenang Piala Dunia 1966 bersama timnas Inggris," tulis pihak Man United.

Sementara itu, Chelsea menyampaikan dukacita dengan mengunggah foto ketika Jack dan Bobby Charlton saling melempar senyum di Stadion Stamford Bridge.

"Kami semua di Chelsea mengirim belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman Jack Charlton."

"Foto ini diambil ketika dia sedang membela Inggris di Stamford Bridge (markas Chelsea) dengan saudaranya, Bobby Charlton, pada 1965," tulis pihak Chelsea.

Adapun Liverpool turut memberi penghormatan atas pencapaian Jack bersama timnas Inggris dan pengalaman melatih timnas Republik Irlandia.

"Kami sedih dengan meninggalnya pemenang Piala Dunia 1966 dan mentan pelatih Republik Irlandia, Jack Charlton. Beristirahatlah dengan tenang, Jack," demikian pernyataan Liverpool.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com