Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yanto Basna Rela Pakai Uang Pribadi demi Ikut Seleksi di Jepang

Kompas.com - 18/05/2020, 04:00 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Penggawa tim nasional Indonesia yang saat ini bermain untuk PT Prachuap FC (Thailand), Yanto Basna, berambisi tampil di kompetisi Jepang.

Hal itu dia sampaikan dalam live Instagram bersama Ponaryo Astaman di akun resmi Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia ( APPI), Sabtu (16/5/2020) malam WIB.

Dalam kesempatan tersebut, Yanto Basna bahkan mengaku sempat berkomunikasi dengan seseorang terkait kemungkinan merumput di Jepang.

Dia pun mengatakan rela menggunakan uang pribadi agar bisa mengikuti seleksi di salah satu klub asal Negeri Sakura tersebut.

"Ya, kemarin sudah komunikasi untuk bisa main ke sana (Jepang)," ungkap Yanto Basna.

"Saya bilang ke dia minimal seleksilah satu atau dua peka, dan saya biaya sendiri tidak masalah," tutur dia menambahkan.

Baca juga: Resep Pura-pura Gila Yanto Basna untuk Hadapi Kendala Bahasa

Lebih lanjut, pemain berusia 24 tahun itu juga mengungkapkan tantangan yang harus dia hadapi supaya bisa bermain di Jepang.

Berdasarkan pemberitaan KOMPAS.com sebelumnya, Yanto Basna masih harus memantaskan diri sembari menunggu kesempatan itu tiba.

"Setiap tahun, saya berusaha untuk bisa ke Jepang, tetapi kalau belum bisa, minimal saya harus punya tim yang lebih bagus di Thailand," ujarnya.

"Karena untuk bisa ke Jepang, CV kita dan klub yang pernah kita bela juga berpengaruh."

"Target saya pribadi, saya bisa keluar dari Thailand dan bisa mendapatkan kompetisi yang lebih bagus. Entah Jepang, Korea, atau Arab," kata Basna.

Baca juga: Yanto Basna: Hanya Mukjizat yang Buat Pemain Indonesia Langsung ke Eropa

Selain harus memiliki riwayat tampil di klub yang mumpuni, akses untuk bisa menembus Jepang juga disebut menjadi kendala tersendiri baginya.

"Kesulitannya itu, minimal ada koneksi. Susahnya saya sekarang akses."

"Aksesnya bukan langsung ke klub, maksudnya akses bisa minimal seleksi satu pekan. Meskipun dengan uang pribadi, saya pasti berangkat," tutur Basna menegaskan.

Terkait kariernya di Thailand, Yanto Basna sempat berseragam dua klub lain, Sukhothai FC dan Khon Khaen FC, sebelum berlabuh ke PT Prachuap FC.

Eks pemain Persib Bandung itu baru bergabung ke klubnya saat ini pada Januari 2020.

Selama membela PT Prachuap FC, Yanto Basna selalu dipercaya tampil sebagai pemain utama dalam musim kompetisi 2020.

Sebelum Liga Thailand ditangguhkan karena wabah virus corona, dia telah dipercaya tampil sebanyak empat kali dengan mencatatkan waktu bermain selama 360 menit. (Abdul Rohman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com