Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klopp dan Guardiola Beda Pendapat soal Kelanjutan Liga Inggris

Kompas.com - 15/05/2020, 08:40 WIB
Farahdilla Puspa,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Juergen Klopp dan Pep Guardiola dikabarkan memiliki pandangan yang berbeda perihal kelanjutan Premier League musim 2019-2020.

Seperti diketahui, klub-klub peserta Premier League (kasta teratas Liga Inggris) sudah melakukan pertemuan virtual selama lima jam pada Senin (11/5/2020).

Mereka telah mencapai kesepakatan untuk memulai kembali kompetisi pada pertengahan Juni 2020.

Kesepakatan tersebut dibuat menyusul izin Pemerintah Inggris yang mengizinkan semua olahraga termasuk sepak bola bisa kembali berlanjut secara tertutup atau tanpa penonton.

Baca juga: Ini Timeline Liga Inggris Dimulai Lagi Menurut Project Restart

"Pemerintah mengizinkan pertandingan sepak bola kembali dilanjutkan pada Juni 2020," kata Sekretaris Negara Bidang Kebudayaan, Media, dan Olahraga, Oliver Dowden.

"Sekarang kami serahkan semuanya kepada otoritas sepak bola untuk menyusun rencana detailnya."

Namun, sebagaimana dikutip dari The Express, dua pelatih klub teratas Premier League, Juergen Klopp (Liverpool) dan Pep Guardiola (Manchester City), memiliki perbedaan pendapat soal kelanjutan kompetisi.

Juergen Klopp bersama dengan Carlo Ancelotti (Everton) dan Jose Mourinho (Tottenham) setuju dengan keputusan untuk melanjutkan kompetisi saat situasi aman.

Klopp menilai bulan Juni 2020 adalah waktu yang tepat untuk memainkan kembali sisa pertandingan seiring dengan lampu hijau yang diberikan oleh pemerintah setempat.

Akan tetapi, Pep Guardiola dilaporkan memiliki pendapat yang berbeda dan menegaskan tidak ingin terburu-buru memulai kembali kompetisi Liga Inggris.

Guardiola bersama Frank Lampard (Chelsea), Nigel Pearson (Watford), dan Graham Potter (Brighton), sedianya juga setuju dengan rencana kelanjutan kompetisi bulan depan.

Hanya saja, mereka menyarankan pihak liga harus benar-benar menjamin aspek keselamatan dan kesehatan para pemain serta ofisial.

Baca juga: Karena Alasan Ini, Pelatih Ragu Liga Inggris Bisa Dimulai pada 12 Juni

Adapun Liga Inggris telah memasuki pekan ke-29 sebelum ditangguhkan akibat virus corona. 

Liverpool memuncaki klasemen Liga Inggris dengan koleksi 82 poin.

Disusul Manchester City yang berada di peringkat kedua dengan mengoleksi 57 poin. 

Premier League berencana menggulir kembali kompetisi pada pekan kedua Juni 2020 setelah dua bulan ditangguhkan akibat pandemi virus corona.

Klub-klub diharapkan bisa kembali latihan pada 18 Mei 2020.

Rencana ini tergabung ke skema " Project Restart", yakni strategi yang disusun oleh Direktur Sepak Bola Premier League, Richard Garlick, demi memulai kembali kompetisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com