Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal-usul, Menelusuri Julukan Maung Bandung bagi Persib

Kompas.com - 16/04/2020, 18:54 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung adalah kesebelasan dengan nama besar dan memiliki sejarah panjang di kancah sepak bola Indonesia. Persib juga menjadi salah satu tim yang paling berprestasi di kompetisi domestik.

Tak heran, segala pembahasan yang berkaitan dengan Persib akan selalu menarik untuk dibicarakan, tak terkecuali tentang asal-usul julukan tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu.

Julukan adalah bagian yang tak terpisahkan dalam identitas sebuah klub sepak bola. Sebutan yang tersemat bagi sebuah kesebelasan tidak begitu saja muncul dengan sembarangan.

Baca juga: Respons Cristiano Ronaldo Saat Tahu Martunis Lelang Jersey Miliknya

 

Ada cerita dan sejarah panjang hingga akhirnya julukan tersebut tersemat dan menjadi identitas yang tak terpisahkan. Begitu pula dengan julukan Maung Bandung yang dimiliki Persib.

Penggunaan istilah Maung Bandung sebagai julukan Persib muncul pada era 1990-an. Julukan Maung Bandung bagi Persib terinspirasi dari sebuah lagu berjudul "Jung Maju Maung Bandung" yang diciptakan oleh Raden Aang Kusmayatna Kusiyana Samba Kurnia Kusumadinata. 

Dia adalah seorang seniman asal Jawa Barat yang populer dengan nama Kang Ibing.

Lagu tersebut diciptakan Kang Ibing saat Persib mengarungi kompetisi Perserikatan 1991. Entah secara kebetulan atau tidak, Persib berhasil menjadi kampiun kompetisi Perserikatan pada tahun tersebut.

Persib memastikan gelar juara setelah mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 2-0, dalam laga final yang berlangsung di Stadion Utama Senayan, Jakarta, 11 Maret 1991.

Menyambut keberhasilan Persib meraih gelar juara kompetisi Perserikatan untuk kali keempat, lagu "Jung Maju Maung Bandung" pun kerap kali diperdengarkan di saluran televisi nasional, TVRI. Hal tersebut, membuat lagu tersebut kian populer.

Lagu "Jung Maju Maung Bandung" memang sarat nilai-nilai filosofis yang bermakna dalam. Terutama, mengenai kebanggaan terhadap Persib, perjuangan, keberanian, dan nilai-nilai sportivitas yang wajib dijunjung dalam permainan sepak bola.

Dari sana, publik sepak bola di Jawa Barat pun mulai menggunakan istilah Maung Bandung sebagai julukan Persib.

Kata Maung Bandung sendiri diambil dari penggalan kalimat yang tersemat dalam judul, dan beberapa bait lirik pada lagu "Jung Maju Maung Bandung".

Para pemain Persib merayakan gol ke gawang PSS Sleman saat kedua tim bertemu di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (15/3/2020).KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA Para pemain Persib merayakan gol ke gawang PSS Sleman saat kedua tim bertemu di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (15/3/2020).

Maung dalam filosofi masyarakat Sunda

Pemilihan Maung Bandung sebagai julukan bagi Persib, tentu tidak begitu saja dipilih secara sembarangan. Lebih dari pada itu, ada nilai-nilai yang lebih bermakna di dalamnya.

Bagi sebagian besar masyarakat Sunda, maung tak hanya dimaknai sebagai seekor hewan buas penguasa rimba hutan di Tatar Pasundan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com