Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Insiden Sandi Sute, Bambang Pamungkas Ingatkan Pentingnya Komitmen

Kompas.com - 04/03/2020, 13:00 WIB
Angga Setiawan,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Manajer Persija Jakarta Bambang Pamungkas angkat bicara terkait insiden gelandang Sandi Sute saat melawan Borneo FC di Liga 1 2020.

Sebelumnya, Persija berhasil meraup tiga poin atas Borneo FC pada laga perdana Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Minggu (1/3/2020), dengan skor 3-2.

Namun, kemenangan Persija pada laga itu sempat diwarnai dengan sikap Sandi Sute yang dianggap tak menerima keputusan pelatih Persija Sergio Farias.

Pada pertandingan tersebut, Sandi Sute digantikan oleh pemain yang bertipikal menyerang, yaitu Evan Dimas, pada menit ke-20.

Pergantian itu membuat Sandi Sute emosi dan meluapkannya dengan menendang botol air minum.

Atas sikapnya itu, Sandi Sute pun telah mendapat sanksi dari Persija.

Baca juga: Tendang Botol, Sandi Sute Kena Sanksi Skors dari Persija

Bambang Pamungkas memberikan pesan penting terkait dengan kejadian lewat tulisan artikel yang dimuat pada situs pribadinya.

Bepe, sapaan Bambang Pamungkas, menggarisbawahi mengenai komitmen yang harus dipegang oleh para pemain Persija Jakarta di mana pun mereka berada.

"Komitmen yang berkaitan dengan pemahaman akan begitu besarnya tanggung jawab menjadi bagian dari klub sebesar Persija Jakarta," kata Bepe seperti dikutip oleh Bolasport dari situs pribadinya.

Bambang Pamungkas juga menjelaskan bahwa etika merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki skuad Persija Jakarta di Liga 1 2020.

Baca juga: Persija Vs Borneo FC, Sandi Sute Minta Maaf atas Perilakunya

"Tidak hanya tanggung jawab secara profesional, tetapi juga secara moral, dan juga etika," tutur Bepe.

"Oleh karena itu, berperilaku baik di dalam maupun di luar lapangan menjadi salah satu hal yang sangat esensial," katanya.

Legenda Persija Jakarta tersebut menyadari bahwa tekanan dalam sebuah pertandingan merupakan hal yang tidak ringan.

Bepe berharap aksi yang dilakukan Sandi Sute itu terjadi kembali dalam pertandingan Liga 1 2020 berikutnya serta jadi pembelajaran untuk semua pesepak bola yang ada di Indonesia.

Pada akhir tulisannya, ia pun menyampaikan pesan bahwa kemampuan mengendalikan diri sendiri merupakan hal yang lebih hebat.

"Orang-orang hebat bukanlah mereka yang mampu mengendalikan orang lain, tetapi mereka yang mampu mengendalikan diri sendiri," ujar Bepe. (Alif Mardiansyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com