Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robert Alberts Apresiasi Performa Pemain Persib di Pramusim 2020

Kompas.com - 20/02/2020, 18:50 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Hasil positif dituai Persib Bandung dalam rangkaian uji tanding yang dilakoni pada pramusim 2020. Klub berjulukan Maung Bandung itu sudah melakoni tujuh uji tanding dengan hasil lima menang dan dua kalah.

Lima kemenangan dicatatkan saat jumpa Hanoi FC (2-0), Melaka United (3-1), Barito Putera (2-0), Persis Solo (2-0), dan PSS Sleman (2-0). Sementara dua laga melawan Selangor FA (0-3) dan PSCS Cilacap (1-3) berakhir dengan kekalahan.

Meski demikian, dalam dua pertandingan yang berakhir dengan hasil negatif itu Persib tidak turun dengan skuat utamanya. Saat menjajal kekuatan Selangor FA dan PSCS, Persib tampil dengan skuat lapis kedua.

Baca juga: Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim, Bukti Peran Penting Makan Konate

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, enggan fokus pada hasil akhir. Menurut dia, hasil akhir pertandingan tidaklah penting dalam uji tanding.

Pasalnya esensi dari uji tanding adalah mengukur sejauh mana kesiapan pemain menghadapi kompetisi.

Oleh karena itu, fokus utama dalam uji tanding bukanlah hasil akhir. Melainkan perkembangan yang diperlihatkan pemain pada aspek fisik hingga kemampuan mereka dalam memahami taktik dan strategi yang akan diterapkan pada kompetisi nanti.

Selain itu, uji tanding pun digelar untuk mengasah kekompakan tim. Pasalnya, pada awal musim kebanyak tim melakukan perombakan pada skuatnya.

Ada pemain yang masuk dan keluar. Maka, uji tanding pun digelar untuk memadukan permainan antara pemain baru dan lama,

"Di masa pramusim, hasil di uji coba bukan yang dicari. Kami fokus pada perkembangan pemain. Perkembangan dalam stamina dan mulai mencari formula dari tim, formasi (yang digunakan)," kata Robert.

"Dan sekarang fokus kami lebih kepada perkembangan tim dan ketika liga mulai, hasil bagus akan datang," sambung dia, di Stadion Siliwangi, Kamis (20/2/2020).

Menyoal perkembangan pemain, Robert cukup senang. Pelatih asal Belanda itu mengatakan, anak asuhnya terus menunjukkan progres yang signifikan. Seperti, proses adaptasi pemain baru yang berjalan baik.

Selain itu, Robert juga melihat kekompakan antar pemain pun sudah terjalin baik. Harmonisasi tersebut tidak hanya terlihat di dalam lapangan saja, namun juga di luar lapangan.

"Saya melihat pemain baru beradaptasi, saya melihat harmoni tim di dalam dan luar lapangan," ucap Robert.

"Bagaimana melihat tim melaju ke arah yang benar dan itu yang kami lihat, kami sudah menunjukan perkembangan yang positif dan kami terus membaik," imbuh dia.

Secara keseluruhan, Robert menganggap semua pemain Persib terus mengalami peningkatan performa. Tentu saja, Robert merasa senang dengan perkembangan tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com