Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya vs Persis, Penjelasan soal Adanya Kamera di Dada Wasit

Kompas.com - 13/01/2020, 08:20 WIB
Suci Rahayu,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Ada hal menarik di pertandingan bertajuk "Forever Game" uji coba Persebaya Surabaya vs Persis Solo di Gelora Bung Tomo Surabaya.

Dalam laga Persebaya vs Persis yang berakhir 4-0 untuk kemenangan tuan rumah itu, sang wasit tampak memasang kamera GoPro di dada.

Media Officer Persebaya, Nanang, menjelaskan bahwa pemasangan kamera di dada wasit tersebut merupakan inisiatif panpel Persebaya yang bertujuan untuk mengedukasi Bonek dalam melihat jalannya pertandingan dari sudut pandang wasit.

Baca juga: Presiden Persebaya Beri Kode Datangkan Makan Konate pada Bursa Transfer

"Pemasangan kamera GoPro tersebut tidak terkait dengan VAR atau apa. Kami ingin memberikan tayangan bagaimana jalannya pertandingan dari sudut pandang wasit kepada Bonek," kata Nanang.

Lebih lanjut, menurut Nanang, apabila teknologi tersebut diterapkan dalam laga resmi dapat membantu pengawas pertandingan untuk melihat peristiwa yang terjadi saat pertandingan dari sudut pandang wasit.

"Itu sebenarnya bisa membantu match commissioner di luar pertandingan untuk melihat siapa yang berbuat buruk dan siapa yang berbicara segala macam saat pertandingan," tutur Nanang.

Nanang juga menjelaskan bahwa hal tersebut adalah inisiatif dari pihak panpel Persebaya Surabaya yang terinspirasi dari laga di luar negeri yang telah menerapkan teknologi tersebut.

"Kalau saya rasa di Indonesia belum ada, tetapi kalau di luar negeri sudah ada yang menerapkan hal tersebut."

"Kami terinspirasi dari luar negeri dan pemasangan kamera tersebut tidak menganggu kinerja wasit di lapangan," ucap Nanang.

Baca juga: Pelatih Persebaya Puji Duet Irfan Jaya dan Patrich Wanggai

Hasil dari rekaman kamera yang terpasang di dada wasit itu tidak serta merta dapat diakses melalu siaran langsung atau streaming yang disaksikan oleh penonton.

Hasil rekaman akan masuk ke panpel terlebih dahulu dan akan dilihat secara detail peristiwa yang terjadi di lapangan sebelum nantiya video tersebut ditayangkan.

"Ini masih buat trial saja, untuk lihat hasilnya seperti apa, lihat di YouTube Official Persebaya Surabaya," kata Nanang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com