Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Cerah Sabtu Pagi Iringi Gowes Nusantara 2019 di Gorontalo

Kompas.com - 26/10/2019, 07:45 WIB
Alsadad Rudi,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com - Gelaran Gowes Nusantara 2019 digelar di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Sabtu (26/10/2019).

Dihelat pada Sabtu pagi, gelaran Gowes Nusantara 2019 Gorontalo digelar dalam cuaca cerah dengan diiringi embusan angin khas pesisir pantai.

Gelaran Gowes Nusantara 2019 Gorontalo diikuti sekitar 1.000 peserta. Kegiatan dimulai sekitar pukul 07.30 Wita.

Para peserta dilepas oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin yang turut didampingi Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Esa Sukmawijaya.

"Saya di sini hadir untuk mewakili Pak Menpora yang juga putra asli Gorontalo, Pak Zainudin Amali," kata Esa sebelum mengibarkan bendera start.

Baca juga: Ribuan Peserta Ikut Gowes Nusantara Pidie 2019

Gelaran Gowes Nusantara 2019 Gorontalo dihelat di rute sepanjang sekitar 17 kilometer yang mengambil sejumlah ruan jalan di Kabupaten Gorontalo Utara.

Titik start mengambil tempat di Desa Moluo dan titik finis di Kantor Bupati Gorontalo Utara.

Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Esa Sukmawijaya saat melepas peserta Gowes Nusantara 2019 yang diadakan di Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, Sabtu (26/10/2019). Kompas.com/Alsadad Rudi Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Esa Sukmawijaya saat melepas peserta Gowes Nusantara 2019 yang diadakan di Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, Sabtu (26/10/2019).

Gowes Nusantara yang diadakan di Gorontalo merupakan bagian dari program Gowes Nusantara 2019 yang diadakan di 50 titik kabupaten dan kota yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Program Gowes Nusantara 2019 diawali di Kota Padang, Sumatera Barat, pada 31 Maret lalu.

Gowes Nusantara merupakan program yang bertujuan membangun kesadaran tiap individu untuk berolahraga.

Dengan demikian, secara otomatis akan meningkatkan angka kesehatan dan kebugaran.

"Aktivitas berolahraga menjadi hal penting untuk seorang individu menjadi lebih sehat dan bugar karena olahraga menempati urutan teratas dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, obesitas ,hingga stroke," kata Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta.

"Apa pun olahraganya dan sesuai dengan porsinya, akan membuat aktivitas yang dilakukan sehari-sehari bisa berjalan dengan lancar," lanjutnya.

Baca juga: Gowes Nusantara Diharapkan Lahirkan Calon Atlet Nasional

Pelaksanaan kegiatan Gowes Nusantara 2019 ini bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Sebab, gaya hidup sehat dan menjauhkan diri dari bahaya narkoba dengan olahraga merupakan bagian dari upaya menjaga ketahanan keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com