Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2019, 18:03 WIB
Angga Setiawan,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Khabib Nurmagomedov menilai dirinya layak ditunjuk sebagai petarung nomor satu dalam UFC.

Dilansir dari MMAFighting, Senin (9/9/2019), Khabib Nurmagomedov meminta agar dirinya dihormati sebagai petarung terbaik dalam UFC.

Dia merasa sudah mampu membuktikan diri tak terkalahkan dalam 28 pertarungan dalam kariernya sebagaai petarung profesional.

Khabib Nurmagomedov memperpanjang rekor fantastisnya dalam ajang seni bela diri campuran (MMA) setelah meraih kemenangan pada ajang UFC 242.

Gelar juara kelas ringan UFC kembali dipertahankan Khabib Nurmagomedov setelah menumbangkan juara interim Dustin Poirier dengan cara submission.

Baca juga: UFC 242, McGregor Tantang Kembali Khabib

Teknik rear naked choke dari Nurmagomedov membuat Poirier tumbang pada ronde ketiga dalam duel yang dihelat di Du Arena, Uni Emirat Arab, Minggu (8/9/2019) dini hari WIB.

Ini menjadi pertandingan ke-12 yang dijalani Khabib Nurmagomedov dan semuanya berakhir dengan kemenangan sejak melakoni debut dalam ajang UFC pada 2012 silam.

Jika ditelusuri sejak dirinya menapakkan kaki dalam ajang MMA profesional pada 2008, Nurmagomedov selalu meraih kemenangan dari 28 laga yang dilakoninya.

Dengan rekor sempurna miliknya, petarung berjulukan The Eagles itu pun merasa pantas mendapat status sebagai petarung terbaik dalam UFC saat ini.

Baca juga: Kalahkan Poirier di UFC 242, Khabib Dapat Bonus Ratusan Juta Rupiah

"Jadikan saya petarung nomor 1 pound-to-pound pekan depan karena saya pantas mendapatkannya. Saya mendominasi semua lawan saya," ungkap Khabib dikutip dari MMAFighting.

"Saya tidak terkalahkan. Saya pikir saya pantas mendapat hormat yang lebih besar," sambung pria yang mahir dalam gulat tersebut.

Sekadar informasi, selain ada ranking untuk tiap divisi, UFC juga memiliki sistem untuk menyusun peringkat petarung dari seluruh divisi yang dimilikinya.

Ranking petarung dalam UFC ditentukan berdasarkan voting dari panel yang beranggotakan media yang bekerja sama dengan mereka.

Khabib Nurmagomedov menempati peringkat kedua dalam ranking terbaru UFC. Posisi teratas ditempati juara kelas berat ringan, Jon Jones.

Jon Jones memang dianggap sebagai salah satu petarung terhebat dalam ajang UFC. Dia merupakan petarung aktif dengan rekor 13 kemenangan beruntun terbanyak di UFC.

Khabib Nurmagomedov bisa menyamai rekor milik Jon Jones itu andai kembali meraih kemenangan dalam pertandingan berikutnya. 

Rencananya, Nurmagomedov akan dihadapkan dengan mantan juara interim Tony Ferguson, yang juga memegang rekor 12 kemenangan beruntun sejauh ini.

Dalam karier profesionalnya secara keseluruhan, Ferguson memiliki catatan pertarungan 25 kali menang dan tiga kali kalah. (Ardhianto Wahyu Indraputra)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com