Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, PSSI Gelar Kongres Luar Biasa dengan 3 Agenda Utama

Kompas.com - 27/07/2019, 07:40 WIB
Jalu Wisnu Wirajati,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber PSSI

JAKARTA, KOMPAS.com - PSSI akan menggelar kongres luar biasa (KLB) pada Sabtu (27/7/2019) ini di Hotel Mercure, Ancol. 

Ada tiga agenda utama dari KLB PSSI kali ini, terutama yang berkaitan dengan persiapan pemilihan komite eksekutif (exco). 

Tiga agenda itu adalah pengesahahan revisi statuta PSSI, pengesahan revisi kode pemilihan PSSI, dan memilih anggota baru untuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Proses persiapan jelang KLB PSSI tersebut sudah dilakukan. Sebagian peserta Kongres pun sudah datang ke Jakarta mulai Jumat (26/7).

Pada kongres kali ini, perwakilan dari otoritas yang lebih tinggi akan hadir, yakni dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). 

"Mereka adalah Sanjeevan C Balasingam (FIFA), Luca Nicola (FIFA), dan Purushottam Kattel (AFC)," kata Ketua Panitia Pelaksana KLB, Dessy Arfianto, dikutip dari situs web resmi PSSI.

Baca juga: Mantan Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono Divonis 1,5 Tahun Penjara

Kongres PSSI akan dimulai pukul 19.00 WIB. 

Pembukaan KLB PSSI diawali dengan lagu Indonesia Raya, serta Mars PSSI, doa, lalu dilanjut dengan sambyran dari FIFA, Menpora, dan KONI.

Pembahasan agenda utama kongres dimulai pukul 19.30 WIB. 

Mulai pukul 19.30 hingga 22.00 WIB, susunan acara Kongres dimulai dengan roll call, pernyataan KLB PSSI telah sesuai statuta, penyampaian tata tertib KLB PSSI.

Setelah itu, ada pidato pembukaan oleh Plt Ketum PSSI, penunjukan petugas pemeriksa berita acara, dan penghitungan suara.

Selanjutnya, pengesahan revisi statuta PSSI, kode pemilihan PSSI, penetapan serta pemilihan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan.

Acara di Hotel Mercure ini diakhiri dengan pidato penutup oleh Plt Ketum PSSI dan doa bersama.

Baca juga: Jadwal dan Tempat Kongres Luar Biasa PSSI Akhir Juli Ini

Pada KLB ini akan diikuti oleh 86 voter PSSI.

Voters itu terdiri atas 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, Asosiasi Futsal dan Asosiasi Sepak bola wanita.

Sesuai dengan arahan dari FIFA yang disampaikan ke PSSI melalui surat resminya KLB dilaksanakan 27 Juli.

PSSI juga secara intens berkomunikasi dengan FIFA, tak hanya terkait soal KLB, tetapi juga program dan masalah organisasi lainnya.

Untuk Kongres PSSI pada Januari 2020, akan menjadi Kongres Biasa Pemilihan untuk memilih 15 Komite Eksekutif PSSI yang terdiri dari Ketua Umum dan dua Wakil Ketua Umum, serta 12 anggota.

Komite Eksekutif baru yang terpilih akan bekerja untuk empat tahun periode sampai tahun 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PSSI
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com