Muhammad Zohri Belum Tentu Berangkat ke SEA Games 2019

Kompas.com - 04/07/2019, 13:20 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Sprinter andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, belum tentu bisa berangkat ke SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Manila, Filipina, pada 30 November-11 Desember 2019.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Tigor Tanjung.

Tigor Tanjung mengatakan belum bisa memastikan keikutsertaan Zohri pada kejuaraan atletik terbesar di Asia Tenggara itu.

Baca juga: Zohri Pun Berlatih Lagi

Menurut Tigor, Zohri belum tentu mempunyai cukup waktu untuk recovery karena pada 28 September-6 Oktober 2019, atlet asli Nusa Tenggara Barat itu akan turun pada Kejuaraan Dunia 2019 yang berlangsung di Doha, Qatar.

"Begitu kami tahu SEA Games pada Desember 2019, rasanya sulit karena waktu pelaksanaannya jatuh pada masa istirahat Zohri seusai Kejuaraan Dunia Atletik 2019," kata Tigor, seperti dilansir BolaSport.

Tigor menjelaskan bahwa setiap atlet akan menjalani periode latihan selama beberapa waktu untuk menghadapi turnamen olahraga.

Setelah turnamen selesai, mereka akan menjalani masa istirahat sebelum memulai periode latihan berikutnya.

"Dari teori kepelatihan, sangat sulit untuk atlet berlatih dalam waktu panjang dan keras. Tidak mungkin dipaksakan," ucapnya.

Baca juga: Di Balik Kelolosan Lalu Muhammad Zohri ke Olimpiade Tokyo 2020

"Waktu itu, kami sudah proyeksikan dan rapatkan dengan pelatih soal pemain yang diproyeksikan ke SEA Games dan Kejuaraan Dunia. Zohri kami proyeksikan untuk Kejuaraan Dunia," ujar Tigor.

Mengacu pada hal tersebut, Tigor tidak ingin memaksakan Zohri untuk berlaga di Filipina.

Terlebih lagi, peraih juara World U20 Championship nomor lari 100 meter itu akan berlaga di Olimpiade 2020 di Tokyo.

"Secara teknis kepelatihan, sulit membuat Zohri bisa maksimal pada SEA Games karena dia bukan robot. Apalagi, dia juga akan ke Olimpiade dan kami maunya dia berprestasi di sana," kata Tigor. (Lariza Oky Adisty)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com