Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah dari Bhayangkara FC, Manajer Persib Soroti Kepemimpinan Wasit

Kompas.com - 01/07/2019, 14:35 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, berang dengan kepemimpinan wasit Rully Rusli Tambutina. Dia menyebut sang pengadil banyak merugikan Persib.

Rully Rusli Tambutina memimpin laga Persib versus Bhayangkara FC pada pekan keenam Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (30/6/2019).

Duel berakhir pahit bagi Persib. Tim berjulukan Maung Bandung ini kalah 1-2 di hadapan pendukungnya.

Salah satu yang disoroti Umuh adalah keputusan wasit yang tidak memberikan penalti kepada Persib saat Ezechiel N'Douassel dijatuhkan Jajang Mulyana di kotak penalti pada pertengahan babak kedua.

Baca Juga: Lupakan Kekalahan dari Bhayangkara FC, Persib Fokus Hadapi Persebaya

Menurut Umuh, wasit seharusnya memberikan penalti kepada Persib. Sebab Ezechiel jelas dilanggar oleh Jamul, sapaan Jajang Mulyana.

Bahkan para pemain Persib pun sempat melancarkan protes keras kepada wasit. Akibat insiden tersebut, pertandingan sempat terhenti beberapa saat.

"Semua lihat, seharusnya kami dapat penalti. Itu murni penalti, 100 persen murni. Saya juga lihat rekamannya. Sebenarnya aneh kenapa tak diberikan penalti," ujar Umuh.

Sosok yang sudah hampir 10 tahun menjabat sebagai manajer Persib itu menyebut seharusnya manajemen melancarkan protes kepada PSSI terkait kepemimpinan wasit.

Sebab, bukan hanya saat berhadapan dengan Bhayangkara FC saja Persib dirugikan oleh keputusan wasit. Umuh menyebut, dari tiga laga kandang yang dilakoni, Persib sering dirugikan wasit.

Baca Juga: Dikalahkan Bhayangkara FC, Robert Akui Persib Lengah pada Menit Akhir

"Saya merasa heran, karena setiap pertandingan minimal kami tiga kali dicurangi wasit. Anak anak juga cukup frustrasi," ujarnya.

"Sebenarnya kami sudah punya bagian seperti Pak Kuswara membuat laporan, tetapi sejak kemarin kami tak buat laporan dan menuntut," ungkap Umuh menegaskan.

Kekalahan dari Bhayangkara FC membuat Persib tak bisa menambah poin dan kini mengumpulkan total enam angka dari lima laga yang sudah dilakoni. Mereka menempati peringkat kedelapan klasemen sementara Liga 1 2019.

Sementara itu Bhayangkara FC, juara Liga 1 2017, terus menjaga persaingan di papan atas dengan koleksi 11 angka. Mereka ada di urutan ketiga, tertinggal empat poin dari Bali United di puncak dan kalah selisih gol dari PS Tira Persikabo di urutan kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com