Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persis, PSIM, dan Persik Satu Wilayah, Ini Pembagian Grup Liga 2 2019

Kompas.com - 28/05/2019, 12:00 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Liga 2 2019 Indonesia dipastikan akan digelar pada 22 Juni 2019. Kompetisi kasta kedua Liga Indonesia tersebut total akan diikuti 23 klub.

Banyaknya klub yang ikut serta membuat PT Liga Indonesia (LIB) membaginya menjadi dua wilayah, yakni wilayah barat dan wilayah timur.

Dari hasil rapat Manager Meeting Liga 2 2019 di Hotel Grandika, Kemang, Jakarta Selatan, pada Senin (27/5/2019), diperoleh hasil bahwa akan ada 11 klub di wilayah barat dan 12 klub wilayah timur.

"Kami membagi dua grup yaitu wilayah barat dan timur, wilayah barat itu ada 11 klub dan wilayah timur 12 klub," kata Direktur Sementara PT LIB, Dirk Soplanit, seperti yang dilansir BolaSport.

Baca juga: Pernah Dicaci, Hendika Arga Permana Kembali ke PSIM

Dari keputusan-keputusan itu, terdapat suatu keputusan yang cukup dipertanyakan, yakni mengapa Persis Solo dan PSIM Yogyakarta berada dalam satu grup, yakni wilayah timur.

Pasalnya, kedua suporter dari masing-masing kubu, Persis maupun PSIM, belum bisa berdamai. Lingkaran bentrok antara suporter Persis, PSIM, maupun PSS Sleman memang belum reda sampai dengan saat ini.

Namun, Dirk Soplanit menambahkan, pembagian grup itu sudah keputusan yang bulat, tidak bisa diganggu gugat.

Baca juga: Kalah 0-1 dari Persik, Persela Tetap Lolos ke babak 16 Besar Piala Indonesia

Sesuai regulasi yang sudah diputuskan, setiap empat tim dari masing-masing wilayah(barat dan timur) akan melaju ke babak delapan besar Liga 2 2019. Dari babak delapan besar akan diambil tiga tim yang nantinya bisa promosi ke Liga 1 2020.

Untuk tim yang akan terdegradasi dari Liga 2, akan diambil tiga tim dari setiap wilayah.

"Jadi nanti akan ada tiga klub yang promosi, dan enam tim yang degradasi," tambah Dirk.

Berikut Pembagian Grup Wilayah Barat dan Timur Liga 2 2019 :

Wilayah Barat

PSGC Ciamis, Persibat Batang, PSPS Riau, Persiraja Banda Aceh, Cilegon United, Sriwijaya FC, Aceh United (Babel United), PSMS Medan, PSCS Cilacap, Perserang Serang, Persita Tangerang

Wilayah Timur

Persatu Tuban, Persewar Waropen, Persiba Balikpapan, Bogor FC (Sulut United), Persik Kendiri, Madura FC, Mitra Kukar, PSBS Biak, PSIM Yogyakarta, Blitar United, Martapura FC, Persis Solo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com