Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Bek Man United, John O'Shea, Pensiun dari Sepak Bola

Kompas.com - 01/05/2019, 14:08 WIB
Alsadad Rudi,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

Sumber GOAL

KOMPAS.com - Mantan bek Manchester United, John O'Shea mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia sepak bola pada ulang tahunnya yang ke-38 tahun.

Pemain asal Republik Irlandia itu menghabiskan karier sebagai pesepak bola profesional selama hampir 20 tahun, setelah lulus dari akademi Manchester United pada tahun 1999.

O'Shea bermain di Man United hingga 2011 dengan bermain sebanyak 393 penampilan. Ia ikut dalam skuad yang memenangi Liga Champions musim 2007-2008, lima gelar Liga Premier, satu Piala FA, dan dua Piala Dunia Klub Antar Klub.

O'Shea kemudian menandatangani kontrak empat tahun di Sunderland. Namun, ia mengakhiri kariernya di Reading dengan membantu klub tersebut menghindari degradasi dari Divisi Championship.

Baca juga: Selamat Tinggal Trio BBC, Barzagli Pensiun Akhir Musim Ini

Di karier internasional, O'Shea merupakan satu dari hanya enam pemain Republik Irlandia yang telah mengumpulkan lebih dari 100 penampilan, setelah bermain 118 kali untuk negaranya.

Dalam sebuah surat terbuka ketika ia mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional pada Mei tahun lalu, O'Shea memberikan penghormatan kepada Sir Alex Ferguson yang ketika itu baru pulih dari pendarahan otak.

"Saya ingin mengakui dukungan yang selalu saya terima dari Sunderland dan, sebelum itu, Manchester United, khususnya, Sir Alex Ferguson," tulis O'Shea.

Reading menuliskan apresiasi mereka kepada O'Shea melalui Twitter pada hari Selasa (30/4/2019). Klub tersebut menyebut O'Shea sebagai orang baik yang rendah hati dan tulus.

Baca juga: McGregor Pensiun, Khabib Nurmagomedov Sebut Hanya Ada 1 Raja di Hutan

"Selamat ulang tahun dan terima kasih atas semua upayamu selama berada di Stadion Madejski, John! Semoga Anda sukses di bab selanjutnya dalam karier Anda!" tulis Reading.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GOAL
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com