Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia Emas 50 Tahun, Awal Perjalanan PB Djarum Kudus

Kompas.com - 29/04/2019, 06:20 WIB
Nugyasa Laksamana,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PB Djarum Kudus telah eksis di dunia bulu tangkis selama 50 tahun. Jika diibaratkan sebagai manusia, angka itu tergolong usia emas yang memasuki masa-masa senja.

Meski demikian, Presiden Director Djarum Foundation, Victor Rachmat Hartono, memastikan bahwa PB Djarum tidak akan berhenti berkontribusi untuk bulu tangkis Indonesia.

Victor berharap, PB Djarum bisa terus mencetak atlet berbakat yang bisa melahirkan prestasi membanggakan hingga klub itu berusia lebih dari 100 tahun.

Baca juga: Atlet Inggris Merangkak Masuk Finish London Marathon

"PB Djarum akan tetap eksis selama kami yakin dan bertekad untuk membantu menyatukan Indonesia," kata Victor dalam perayaan HUT PB Djarum ke-50 di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah.

"Ini sesuai dengan itikad besar PB Djarum membantu kejayaan sport (olahraga) untuk persatuan Indonesia. Kita tak bisa bersatu dalam kesengsaraan sport, tetapi kita bisa bersatu dalam kejayaan sport," ujar dia lagi.

Rangkaian perayaan HUT PB Djarum ke-50 dimulai sejak Minggu (28/4/2019) siang dengan peluncuran empat buku perjalanan emas bulu tangkis.

Buku tersebut menceritakan tentang PB Djarum hingga atlet-atlet berprestasi dari PB Djarum yang mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Minggu malam menjadi puncak perayaan HUT PB Djarum dengan pemberian penghargaan berupa liontin emas kepada tokoh-tokoh dan legenda PB Djarum.

Kelahiran klub PB Djarum bermula dari brak (area kerja) Bitingan Lama di dalam gedung yang pada siang harinya merupakan pabrik karyawan pelinting rokok PT Djarum.

Baca juga: Kejuaraan Asia 2019, Marcus/Kevin Kehabisan Tenaga dan Kurang Sabar

Lahirnya PB Djarum tak terlepas dari kegemaran Robert Budi Hartono bermain bulu tangkis bersama para karyawannya.

Kegiatan olahraga bulu tangkis pada sore hari itu rupanya diminati para karyawan dan masyarakat sekitar.

Akhirnya, pada 1969, PB Djarum sepakat mendirikan klub bulu tangkis PB Djarum dan mulai membina pemain dari luar perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com