Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klub yang Mundur dari Piala Indonesia Akan Disanksi

Kompas.com - 08/01/2019, 18:13 WIB
Alsadad Rudi,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PSSI mengancam akan memberikan sanksi pada klub yang mengundurkan diri dari Piala Indonesia 2018-2019.

Piala Indonesia akan mulai memainkan babak 32 besar pada 22 Januari mendatang.

"Apabila ada pengunduran diri ataupun tidak menyelenggarakan dan lain sebagainya, akan ada sanksi tidak hanya berupa kalah, bisa juga berupa denda, bisa juga dinaikan ke komite disiplin apabila itu dinilai adanya unsur kesengajaan,” kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di Hotel Sultan, Jakarta seperti dikutip dari Tribunnews, Selasa (8/1/2019).

Menurut Tisha, regulasi ini diterapkan karena untuk menghargai klub-klub yang telah gugur pada babak sebelumnya. Selain itu bertujuan agar klub-klub peserta 32 klub ini bisa mempersiapkan segalanya dengan baik.

Baca juga: Hasil Undian Babak 32 Besar Piala Indonesia

"Alangkah baiknya sama-sama semua dan saya rasa klub-klub baik liga 1, liga 2 dan liga 3 yang lolos ke babak 32 besar mempersiapkan dengan baik,” kata Tisha.

Piala Indonesia merupakan ajang yang mempertemukan klub dari Liga 1, 2 dan 3. PSSI menyebut bahwa Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) nantinya akan turut memantau jalannya turnamen ini.

PSSI memang tengah berencana juara Piala Indonesia bisa mewakili Indonesia di Piala AFC 2020.

"Nah dikarenakan Piala Indonesia ini edisi pertama setelah tujuh tahun terakhir 2012, AFC juga mungkin akan melakukan kunjungan secara berkala,” pungkas Tisha.

Baca juga: Juara Piala Indonesia Diusulkan Tampil pada Piala AFC 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com