Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Van Gaal Yakin Liverpool Kalahkan Man City dalam Perebutan Gelar Juara

Kompas.com - 06/01/2019, 11:42 WIB
Aloysius Gonsaga AE,
M. Hafidz Imaduddin

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Louis van Gaal merasa yakin Liverpool besutan Juergen Klopp lebih berpeluang meraih gelar juara Premier League musim 2018-2019. Menurutnya, klub berjulukan The Reds tersebut mengungguli sang juara bertahan, Manchester City.

Saat ini, Liverpool bersaing dengan Man City dalam perebutan gelar bergengsi di negeri Ratu Elizabeth tersebut. Liverpool, yang terakhir kali menjadi juara Liga Inggris pada mjusim 1989-90, sedang memimpin klasemen, disusul Man City yang terpaut empat poin.

Baca juga: Profil Marco Rose, Kandidat Pelatih Permanen Manchester United Pengganti Jose Mourinho

The Citizens, julukan Man City, menghidupkan peluang setelah meraih kemenangan 2-1 atas Liverpool dalam laga terbaru Liga Inggris di Stadion Etihad, Kamis (3/1/2019). Meski demikian, Van Gaal, yang pernah meraih gelar Bundesliga dan Eredivisie serta sejumlah trofi bergengsi dalam kariernya sebagai pelatih, tetap menjagokan Liverpool.

"Klopp sudah mengubah Liverpool menjadi mesin petarung yang hebat, baik menyerang maupun bertahan. Jadi, jika saya harus bertaruh klub yang menjadi juara liga, tentu saja saya memilih Liverpool," ujar Van Gaal kepada Daily Mirror.

"Tim Liverpool tidak berdasarkan pada kualitas tertinggi seperti milik Man City. Namun pada saat bersamaan, hal itu menjadi kelemahan tim Guardiola. Dia hanya melatih timnya dalam menyerang."

"Saat timnya harus bertahan, mereka mengalami masalah. Liverpool memiliki tim yang bisa bertahan jauh lebih baik."

Pernyataan Vaan Gaal ini berbanding lurus dengan fakta yang tersaji saat ini. Liverpool merupakan tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit (10) sedangkan Man City sudah kemasukan 17. Namun soal produktivitas, Man City masih yang terdepan karena sudah mencetak 56 gol (Liverpool 49 gol).

Ini yang membuat Van Gaal mengaku sangat menikmati permainan Man City. Meskipun demikian, dia tetap memuji Liverpool.

"City memiliki ide bermain sepak bola yang luar biasa dan cara bermain yang hebat, tetapi bukan semangat juang yang tetap. Jangan salah paham, saya masih suka menonton cara bermain City tetapi cara Klopp membuat Liverpool bermain sangat fantastis," ujar pria asal Belanda ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com