Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain Persib Optimistis Jaga Peluang ke Kompetisi Asia

Kompas.com - 28/11/2018, 17:45 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Persib Bandung sudah dipastikan tidak akan meraih gelar juara Liga 1 2018 karena jumlah total poin mereka kalah dari PSM Makassar dan Persija Jakarta. 

Kini, para pemain Persib Bandung memiliki motivasi tinggi untuk mendapatkan predikat tiga terbaik dan sekaligus berpeluang berlaga di kompetisi Asia musim 2019.

Jatah kuota klub Indonesia untuk berlaga di kompetisi Asia sejatinya hanya dua tim. Itu pun sudah direbut oleh PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Persib Bandung bisa saja bermain di level Asia apabila juara Liga 1 2018 berhasil tembus ke Liga Champions Asia 2019.

Ya, juara Liga 1 2018 mendapatkan tiket untuk berlaga di babak play-off Liga Champions Asia 2019.

Baca Juga: Liga 1 2018 - Tak Ingin Terdegradasi, PSMS Medan Doakan Persija Kalah dari Bali United

Jika, sang juara itu lolos hingga ke babak penyisihan grup, jatah di Piala AFC 2019 akan diambil oleh peringkat ketiga Liga 1 2018.

Sebaliknya, jika juara Liga 1 2018 gagal di play-off Liga Champions Asia 2019, tim tersebut langsung masuk ke Piala AFC 2019 dan peringkat ketiga harus mengubur mimpinya berlaga di Asia.

Sementara itu, peringkat kedua Liga 1 2018 sudah dipastikan mendapatkan tiket di Piala AFC 2019.

"Menurut saya, motivasi pemain tetap tinggi untuk menjaga peluang setidaknya peringkat ketiga karena masih ada kesempatan untuk bermain di Asia," kata gelandang Persib Bandung, Kim Kurniawan, seperti BolaSport.com dari laman resmi klub.

"Jadi, semangat kami sangat tinggi untuk mempertahankan posisi sekarang," ucap pemain keturunan Jerman tersebut.

Jadwal terdekat Persib Bandung akan menantang Persela Lamongan pada pekan ke-33 Liga 1 2018 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur, Sabtu (1/12/2018).

Setelah itu, Maung Bandung dijadwalkan akan menjamu Barito Putera yang kemungkinan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Baca Juga: Lima Ucapan Edy Rahmayadi yang Mendadak Viral, Tak Punya Nasionalisme hingga Wartawan Harus Baik

Kim Kurniawan berharap timnya bisa semaksimal mungkin dalam dua pertandingan terakhir itu.

Setidaknya, enam poin maksimal dibidik Maung Bandung agar tetap berada di peringkat ketiga sampai kompetisi Liga 1 2018 selesai pada 9 Desember mendatang.

"Kami melihat satu per satu dululah. Kemarin kami bilang lima pertandingan harus menang, empat pertandingan harus menang, sekarang kami lihat satu per satu dulu saja. Mudah-mudahan menang hari Sabtu setelah itu kami lihat lagi," kata Kim Kurniawan. (M Hary Prasetya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com