Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSM Vs Bali United, 3 Poin Zulham dkk Tutup Peluang Persib Juara

Kompas.com - 25/11/2018, 17:29 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi


MAKASSAR, KOMPAS.com - PSM Makassar makin nyaman berada di puncak klasemen sementara Liga 1 2018 setelah menang dengan skor 4-0 atas Bali United pada laga di Stadion Andi Mattalatta, Kota Makassar, Minggu (25/11/2018).

Kemenangan yang diraih PSM ini sekaligus menutup peluang Persib Bandung untuk meraih gelar juara Liga 1 musim ini. Pasalnya, PSM sudah mengoleksi 57 poin, unggul tujuh angka atas Persib di urutan ketiga.

Lantaran Liga 1 menyisakan dua pertandingan, Persib tak mungkin menyamai raihan PSM. Pasalnya, Maung Bandung hanya bisa mengumpulkan maksimal 36 poin.

Gol PSM dicetak oleh Zulham Zamrun (10'), eksekusi penalti Marc Anthony Klok (39'), dan Ferdinand Sinaga (84'), (90').

Baca Juga: PSM Vs Bali United - Zulkifli Syukur: Mari Buat Sejarah, Sudah Saatnya Juku Eja Juara!

Sempat mendapat tekanan pada awal laga, PSM membuka keunggulan melalui Zulham Zamrun. Mantan pemain timnas Indonesia ini menjebol gawang lawan pada menit ke-10 melalui tendangan mendatar yang gagal di antisipasi Wawan Hendrawan.

Pada menit ke-39, PSM menggandakan keunggulan melalui gol Marc Anthony Klok. Dia dengan sempurna mengeksekusi tendangan dari titik putih. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, PSM kian percaya diri. Beberapa kali serangan tim berjulukan Juku Eja ini mengancam gawang Bali United, namun Wawan Hendrawan berhasil mengentaskan serangan tersebut.

Walaupun tertinggal, Serdadu Tridatu tak tinggal diam. Pada menit ke-76, Platje sempat mengancam gawang PSM dengan tendangan keras yang dilancarkannya, namun Hilman berhasil mengantisipasi tendangan bola itu dengan baik.

Terlalu fokus menyerang, Bali United kembali kebobolan pada menit ke-84. Ferdinand Sinaga yang masuk pada babak kedua, berhasil mencetak gol bekerja sama dengan Willem Jan Pluim dan Rizky Pellu.

Menjelang laga berakhir, Ferdinand kembali menambah keunggulan PSM. Dia memanfaatkan umpan Muhammad Syamsuddin Rachmat. Skor 4-0 bertahan hingga laga usai.

Dengan demikian, kini hanya PSM dan Persija Jakarta yang bersaing ketat untuk memperebutkan gelar juara Liga 1 2018. Saat ini PSM hanya unggul satu angka atas Persija di urutan kedua.

Sementara itu, Bali United tetap berada di posisi keenam dengan raihan 45 poin.

Baca Juga: Jaga Profesionalitas, WCP Siap Mundur Andai Terindikasi Main Mata dengan Para Calon Juara

Susunan pemain:

PSM Makassar: Hilman Syah; Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Hasim Kipuw; Marc Anthony Klok, Rizky Pellu; Muhammad Rahmat, Willem Jan Pluim, Zulham Zamrun; Alessandro Ferreira Leonardo

Pelatih: Robert Rene Alberts

Bali United: Wawan Hendrawan; I Made Andhika, Dallen Doke, Muhammadou Ndiaye, Taufik Hidayat; Syaiful Indra Cahya, I Gede Sukadana; Nick van der Velden/Brwa Nouri (31'); Melvin Platje, Ilija Spasojevic, Hanis Saghara

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com