Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Vs Thailand, Nasib Indonesia Ditentukan Malam Ini

Kompas.com - 21/11/2018, 06:40 WIB
Alsadad Rudi,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

BACOLOD, KOMPAS.comTimnas Filipina akan menjamu Timnas Thailand pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina, Rabu (21/11/2018) malam ini.

Meski tidak melibatkan Timnas Indonesia, laga ini punya peranan penting karena menentukan nasib tim-tim di Grup B, termasuk Tim Merah Putih.

Seandainya kedua tim bermain imbang, dipastikan Indonesia harus tersingkir sebelum melakoni laga terakhir lawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Baca Juga: Skenario Kelolosan Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2018

Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti berharap Thailand bisa menang atas Filipina. Bima sangat yakin para pemain Thailand tidak akan main mata dengan Filipina.

Keyakinan Bima itu tak lepas dari permainan Thailand yang selalu tampil dengan semangat tinggi. Itu terbukti ketika Thailand meraih kemenangan 4-2 melawan Indonesia di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018).

"Saya melihat karakter pemain-pemain Thailand. Mereka sangat sportif dan tim yang tak mau kalah dari siapa saja ," kata Bima di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa (20/11/2018).

Baca juga: Kilas Balik 3 Kegagalan Indonesia Lolos Fase Grup Sepanjang Piala AFF

Pesepak bola Indonesia Fachruddin (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Thailand Adisak Kraisom (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11/2018). Indonesia dikalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 4-2. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Pesepak bola Indonesia Fachruddin (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Thailand Adisak Kraisom (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11/2018). Indonesia dikalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 4-2.

Pelatih Thailand, Milovan Rajevac, menyatakan, laga melawan Filipina sangat penting untuk menentukan kelolosan. Rajevac memprediksi laga tersebut akan berlangsung ketat.

"Masing-masing tim akan tampil di Piala Asia 2019. Jadi keduanya sama-sama sedang membangun tim. Pertandingan nanti akan menarik dan seru," kata Rajevac dikutip dari laman AFF.

Baca juga: Piala AFF 2018, Masih Berjalannya Liga Ganggu Penampilan Timnas

Sementara itu, Pelatih Filipina Sven Goran Eriksson menilai, Thailand lebih difavoritkan untuk menang. Namun, ia ingin timnya bermain baik guna mengubah prediksi.

"Kami harus fokus bermain bagus jika ingin mengalahkan Thailand. Saya yakin para pemain akan fokus untuk pertandingan nanti," ucap pelatih asal Swedia itu.

Saat ini, Indonesia masih berada di peringkat keempat dengan 3 poin. Thailand dan Filipina berada di dua peringkat teratas dengan sama-sama mengumpulkan 6 poin.

Baca juga: Komentar Ponaryo soal Filipina yang Kini di Atas Indonesia

Thailand berhak menempati peringkat teratas karena unggul selisih gol dari Filipina. Adapun posisi ketiga ditempati Singapura dengan poin sama dengan Indonesia.

Dengan kondisi tersebut, Indonesia dipastikan tersingkir jika Filipina dan Thailand bermain imbang. Pasalnya, apa pun hasil yang diperoleh saat menjamu Filipina tidak akan bisa lagi mencapai 7 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com